Kompas.com - 27/07/2021, 09:17 WIB
Ilustrasi kopi panas. FREEPIK/AOPSANIlustrasi kopi panas.

KOMPAS.com - Memilih kopi panas atau dingin adalah selera.

Selain itu, alasan lainnya juga bisa karena suasana hati atau cuaca.

Meski kita sering membaca tentang manfaat kesehatan kopi. Misalnya, konsumsi kopi dalam jumlah moderat dapat membantu menurunkan risiko diabetes, meningkatkan performa olahraga, dan memberikan dorongan yang baik pada otak.

Melansir Bustle, sebuah studi yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine juga menemukan bahwa minum kopi dapat membantu kita hidup lebih lama.

Kopi dingin memang sedang naik daun dalam beberapa waktu terakhir, termasuk di bidang kesehatan, ada beberapa alasan memilih kopi panas daripada dingin. Alasan tersebut di antaranya:

1. Lebih tinggi antioksidan

Dalam sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Scientific Reports, para peneliti dari Thomas Jefferson University menemukan perbedaan kimiawi antara kopi panas dan dingin.

Kopi panas ditemukan memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada minuman dingin, sehingga membuatnya sedikit lebih sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Dr Nikola Djordjevic, MD dari DisturbMeNot, manfaat antioksidan dalam kopi antara lain untuk menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, penyakit hati, diabetes, hingga kematian dini.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Kopi, Benarkah Pagi Hari?

2. Lebih mampu meningkatkan mood

Menurut ahli gizi tersertifikasi dan pelatih kesehatan, Karin Adoni, secangkir kopi panas di pagi hari dapat membanntu kita mendapatkan pola pikir yang lebih positif dan lebih mampu meningkatkan suasana hati.

Faktanya, sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan bahwa mendapatkan kehangatan fisik, dapat meningkatkan rasa kehangatan antarpribadi, termasuk ketika kita memegang secangkir kopi panas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.