Kompas.com - 27/07/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi ujian. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi ujian.

KOMPAS.com - Kecerdasan intelektual atau yang dikenal sebagai intelligence quotient (IQ) merupakan ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang.

Definisi ini awalnya dipopulerkan pada tahun 1900-an oleh seorang psikolog asal Perancis bernama Alfred Binet.

Kecerdasan intelektual dapat diukur menggunakan tes standar yang dikelola oleh psikolog berlisensi dan orang yang memiliki pelatihan kesehatan mental tingkat pascasarjana.

Tes IQ standar yang umum dilakukan meliputi; Skala Kecerdasan Wechsler untuk Anak-anak (WISC-V), Skala Kecerdasan Wechsler untuk Orang Dewasa (WAIS), dan Skala Kecerdasan Stanford-Binet.

Walau saat ini ada banyak tes dan aplikasi IQ yang tersedia online, pengukurannya mungkin tidak bisa sama akurat dengan cara yang yang dilakukan oleh psikolog.

Baca juga: Bocah Usia 2 Tahun Jadi Anggota Termuda Kelompok Orang IQ Tinggi

Meski pun tingkat IQ adalah salah satu cara untuk mengukur kecerdasan, itu bukan satu-satunya ukuran. Sebaliknya, tes IQ dapat digunakan sebagai langkah pertama dalam mendiagnosis kondisi kesehatan mental dan ketidakmampuan belajar lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meningkatkan IQ

Jika kita bertanya-tanya apakah mungkin level IQ itu bisa ditingkatkan, maka jawabannya adalah bisa.

Penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai cara untuk dapat mengembangkan beberapa keterampilan paling penting yang terkait dengan kecerdasan manusia.

Selain karena faktor genetik, nutrisi, dan banyak lainnya, kita juga dapat meningkatkan IQ dengan berbagai macam cara salah satunya dengan melatih otak.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut delapan cara yang dapat kita lakukan guna meningkatkan IQ, seperti yang dilansir dari laman Healthline.

Baca juga: Ukuran Pupil Mata Bisa Jadi Penanda Kecerdasan, Ini Penjelasannya

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.