Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 17:13 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada sebagian publik figur yang berasal dari keluarga terpandang, alias "berdarah biru" atau bangsawan. Namun kebanyakan dari mereka menyembunyikan identitas tersebut.

Kemungkinan hal itu dilakukan agar publik lebih mengenal bakat dan kemampuan mereka, ketimbang memandang status yang mereka miliki.

Sebut saja bangsawan Inggris Sophie Winkleman yang tidak menggunakan gelar kerajaannya saat bermain di film "Two and a Half Men".

Baca juga: Sederet Pakaian Mahal yang Pernah Dipamerkan Para Bangsawan

Siapa lagi keturunan bangsawan yang merahasiakan identitas mereka? Ini dia.

1. Pangeran Nikolaos dari Yunani dan Denmark

Pangeran Nikolaos adalah fotografer dan aktivis lingkungan. Ia lahir dalam keluarga kerajaan Yunani tak lama sebelum monarki dihapuskan pada tahun 1974.

Nikolaos sempat mencoba berbagai profesi sebelum akhirnya menjadi fotografer.

Pada 1995, ia bekerja sebagai asisten produksi di Fox News di New York, AS. Dia tidak ingin diperlakukan berbeda karena status kebangsawanannya, sehingga dia mencabut gelar bangsawan dan memakai nama samaran.

"Tidak ada yang tahu, selain direktur saya tentunya. Luar biasa, saya diperlakukan sama seperti orang lain," kata Nikolaos kepada Insider.

Namun, foto Nikolaos di pernikahan kerajaan saudaranya Putra Mahkota Pavlos membuat rekan kerjanya mengetahui siapa ia sebenarnya.

"Ketika mereka mengetahuinya, mereka membentuk opini tentang saya, baik atau buruk dengan satu atau lain cara, tetapi itu tidak dipengaruhi oleh latar belakang saya. Begitulah seharusnya," tambah Nikolaos.

Baca juga: Anak Pangeran Harry, Lilibet Diana Masuk Daftar Pewaris Kerajaan Inggris

2. Pangeran Kunle dari Nigeria

Lebih dari 20 tahun lalu, Pangeran Adekunle "Kunle" Adebayo Omilana dari Nigeria meluncurkan Inspiration TV, stasiun televisi Kristen 24 jam pertama di Eropa. Saat ini stasiun televisi tersebut sudah tidak beroperasi.

Kunle kemudian menjadi CEO Wonderful Media di London, Inggris.

Dalam berbisnis, Kunle jarang menggunakan gelar Pangeran. Ia hanya mencantumkan nama "Kunle Omilana" di akun Linkedin miliknya.

Putri Miriam dari Bulgaria yang menjadi desainer perhiasan.Insider Putri Miriam dari Bulgaria yang menjadi desainer perhiasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com