Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 08:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Salah satu perjuangan menjadi orangtua adalah memastikan anak-anak mendapatkan semua nutrisi dan vitamin yang mereka butuhkan untuk berkembang.

Namun, tak jarang kita dihadapkan pada situasi di mana anak-anak memilih makanan tertentu dan tidak mau makan sayur.

Hal ini tentu saja dapat menyebabkan pertengkaran antara anak dan orangtua, sehingga kita perlu mencari tips dan trik untuk membuat anak makan sayuran.

Nah, sebuah studi baru mengungkapkan satu cara yang dapat digunakan untuk membuat anak-anak mau mengonsumsi lebih banyak sayuran.

Menurut Medical Xpress, penelitian menunjukkan bahwa jika kita menyajikan porsi sayuran yang lebih banyak kepada anak-anak, maka jumlah yang mereka makan pun bertambah.

Studi yang diselesaikan oleh tim peneliti di Penn State ini menemukan bahwa ketika kita menggandakan porsi jagung dan brokoli yang disajikan saat makan, anak-anak makan 68 persen lebih banyak sayuran yang ada di piring mereka.

Baca juga: Trik Artika Sari Devi Bikin Anak Suka Makan Sayur

Di samping itu, para peneliti juga menemukan bahwa menambahkan mentega atau garam tidak berpengaruh pada jumlah sayuran yang dimakan.

"Meskipun penting untuk menyajikan sayuran apa pun pada anak-anak, tapi lebih penting lagi untuk menyajikan banyak sayuran yang mereka sukai," kata salah satu peneliti, Barbara Rolls.

"Hal itu disebabkan karena sayuran yang mereka makan masih harus bersaing dengan makanan lain yang ada di piring," sambung dia.

Nah, untuk melengkapi studi ini, para peneliti tetap menjaga porsi makanan lain di piring yang sama namun meningkatkan porsi sayuran.

Mereka ingin melihat apakah ini akan membuat anak-anak makan lebih banyak sayuran atau tidak, terutama saat makan malam.

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 67 anak berusia antara tiga dan lima tahun, dan berlangsung selama empat minggu.

Mereka menemukan bahwa teori tersebut terbukti benar dan anak-anak mau mengonsumsi lebih banyak sayuran dengan cara ini.

Selain membantu ibu agar anak-anak makan lebih banyak sayuran, cara ini juga dapat mendorong anak-anak untuk mencoba berbagai jenis sayuran baru yang menambah nutrisi.

Baca juga: Jangan Paksa Anak Agar Mau Makan Sayur, Apa Alasannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com