Kompas.com - 08/08/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi kucing menggigit leher kucing lainnya. SHUTTERSTOCK/REIMARIlustrasi kucing menggigit leher kucing lainnya.

KOMPAS.com - Kebanyakan kucing mungkin kerap rewel terhadap makanan, tetapi itu tidak berarti kucing akan selalu dapat terhindar dari makanan yang buruk.

"Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa semua makanan hewan peliharaan dirancang untuk menjadi makanan bergizi lengkap."

"Jadi tidak perlu lagi dilengkapi dengan camilan atau makanan tambahan," ujar Direktur Medis Animal Medical Center of Mid-America, Travis Arndt, DVM.

"Sistem pencernaan kucing dan anak kucing juga lebih memilih makanan yang stabil dari makanan yang sama setiap hari," sambung dia.

Baca juga: Selamat Hari Kucing Sedunia!

Nah, berikut ini adalah sejumlah makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing karena bisa menjadi beracun dan berbahaya.

1. Tuna kaleng

Seorang dokter hewan, Michelle Burch, DVM mengatakan, tuna kaleng kurang dari 10 persen dari total asupan makanannya, itu tidak masalah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi lebih dari itu, kucing bisa berakhir dengan kekurangan gizi karena kebutuhan vitamin, mineral, dan kalsium yang penting tidak ditemukan pada ikan tuna.

Selain itu, daging tuna, terutama tuna merah, dapat menyebabkan kekurangan tiamin yang menyebabkan gejala neurologis.

Tiamin adalah vitamin B1 yang berperan dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi, dan juga membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik.

Gejala neurologis tersebut antara lain ketumpulan mental, inkoordinasi, kebutaan, kemiringan kepala, gerakan mata yang tidak normal, dan kejang.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.