Kompas.com - 11/08/2021, 18:29 WIB
Rambut panjang butuh perawatan ekstra. ShutterstockRambut panjang butuh perawatan ekstra.

KOMPAS.com - Mencuci rambut atau keramas memang baik untuk membersihkan rambut dari kotoran. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, justru membuat rambut kering dan berminyak.

Ketika kulit kepala menjadi terlalu kering, kelenjar minyak biasanya akan bekerja keras untuk mengisi kembali minyak alami yang justru dapat membuat rambut kita terlihat lepek.

Selain membuat rambut kita terasa lebih berminyak, keramas secara berlebihan juga dapat menghilangkan kelembapan kulit kepala dan memicu lebih banyak produksi sebum.

Nah, untuk menghentikan siklus rambut berminyak, kuncinya adalah dengan melatih kulit kepala kita untuk menghasilkan lebih sedikit minyak.

Seorang penata rambut yang berbasis di New York, Jenna Pitocco pun membagikan triknya untuk membuat rambut kita tidak mudah berminyak dan menjadi lebih sehat.

Baca juga: 6 Kesalahan Kecil yang Bisa Bikin Rambut Rontok

Trik membuat rambut tidak berminyak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam percobaan tunggal, Pitocco menemukan bahwa jika dia membasahi rambutnya di antara waktu keramas (tanpa produk apa pun), dia mampu mengangkat kotoran dari kulit kepalanya secara efektif tanpa menghilangkan kelembapannya.

"Saya masih akan membuatnya basah, tetapi alih-alih mencucinya, saya akan menggosok kulit kepala saya dengan sangat baik," katanya.

"Itu masih akan menghancurkan semua kotoran, minyak, dan segalanya," lanjut dia.

Karena orang-orang dengan kulit kepala berminyak biasanya tidak cocok dengan co-washing atau mencuci rambut hanya dengan conditioner, teknik ini bisa mengikuti irama yang sama tanpa menambahkan lebih banyak selip pada helaian rambut.

Baca juga: Rekomendasi Frekuensi Keramas Berdasarkan Jenis Rambut

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.