Kompas.com - 14/08/2021, 08:27 WIB
Ilustrasi PIXABAYIlustrasi

KOMPAS.com – Dehidrasi merupakan kondisi berbahaya jika kita sedang berolahraga. Kondisi ini bukan hanya membuat mulut kering, tapi juga tubuh lemas, dan otot kram. Dibutuhkan lebih dari air untuk mencegah dehidrasi.

Meskipun konsumsi air menjadi prioritas utama, ada kalanya tubuh kita membutuhkan tambahan gula dan elektrolit untuk mempertahankan tingkat energi dan status hidrasi selama berolahraga.

Jika latihan kita tergolong moderat dan durasinya kurang dari 60 menit, memang tidak dibutuhkan minuman energi.

“Semakin kita intens berolahraga, makin banyak keringat yang keluar. Keringat terdiri dari air dan juga sejumlah elektrolit, natrium, dan klorida. Sehingga kita membutuhkan hidrasi yang tepat,” kata Director, Sport Performance and Education Herbalife Nutrition, Dana Ryan.

Dia mengatakan, otak dan otot kita bergantung pada glukosa (gula) untuk energi setelah olahraga yang berkepanjangan.

“Makan sebelum dan sesudah olahraga adalah cara yang bagus untuk mengisi bahan bakar dan energi, tetapi makan saat berolahraga tidak disarankan,” paparnya.

Baca juga: 9 Tanda Dehidrasi yang Tidak Boleh Diabaikan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ryan, minuman suplemen energi adalah cara paling nyaman untuk menghidrasi dan mengonsumsi nutrisi penting selama melakukan olahraga yang intensif.

Minuman karbohidrat-elektrolit meningkatkan kinerja atletik dengan meningkatkan gula darah dan mempertahankan tingkat oksidasi karbohidrat yang tinggi, yang pada akhirnya mencegah kelelahan dan kekurangan tenaga yang dirasakan.

Perhatikan jenis minuman energi

Tidak semua minuman suplemen energi itu sama. Dengan banyaknya produk “air yang diperkaya” yang tersedia di pasaran, terkadang hal ini malah membingungkan.

“Saya selalu menyarankan untuk memeriksa label nutrisi untuk bahan yang tepat,” kata Ryan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.