Kompas.com - 18/08/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi madu freepik.com/ Racool_studioIlustrasi madu

KOMPAS.com - Tidak banyak yang tahu, bahan-bahan di dapur ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi perawatan kulit, salah satunya adalah madu.

Selain bagus untuk meredakan pilek dan melembapkan rambut, mengoleskan madu pada kulit wajah juga dapat membuat kulit lebih bersih dan terhindar dari masalah jerawat.

Kandungan di dalam madu

Madu dibuat secara alami oleh lebah yang mengumpulkan nektar bunga dan menyimpannya di sarang lebah untuk menciptakan cairan manis dan kental.

Cairan itu penuh dengan sekitar 300 bahan yang membantu kulit berminyak dan kering seperti vitamin B, kalsium, zinc, kalium, dan zat besi.

Baca juga: Viral di TikTok, Amankah Makan Madu Beku?

Madu juga kaya antioksidan, antibakteri, dan memiliki aktivitas enzim yang membantu membuat kulit kita tampak lebih bercahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis madu yang paling cocok

Liana Cutrone, terapis kulit senior di Heyday, mengatakan, semua jenis madu memiliki sifat yang sangat bagus, jadi ini adalah bahan yang luar biasa untuk digunakan dalam banyak bentuk.

Menurut dia, semakin gelap madu, semakin banyak antioksidan yang terkandung, sehingga kita disarankan untuk menggunakan madu mentah yang tidak dipasteurisasi.

Tetapi, ada begitu banyak varietas di luar sana, jadi berpegang teguh pada jenis madu yang organik dan alami.

Halaman:


Sumber Pure Wow
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.