Kompas.com - 19/08/2021, 11:53 WIB
Ilustrasi menggunakan skincare berbahan Centella Asiatica. FREEPIK/DIANA.GRYTSKUIlustrasi menggunakan skincare berbahan Centella Asiatica.

KOMPAS.com - Centella asiatica banyak dikenal karena manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah.

Daun ini memiliki beragam nama lain. Mengutip Kompas.com (21/03/2021), nama lain Centella asiatica seperti daun pegagan di Indonesia dan gotu kola di India.

Meski dikenal karena khasiatnya untuk kulit, daun yang mudah tumbuh dan dapat ditemukan di rawa-rawa itu sebetulnya punya banyak khasiat untuk menyembuhkan aneka penyakit.

Dalam buku Seri Mukjizat Daun: Dan Pegagan yang ditulis oleh Hieronymus Budi Santoso (2019), misalnya, Centella asiatica disebut mampu mengobati demam, hipertensi, amandel, sariawan, batul, sesak napas, hingga memperlancar buang air kecil.

Daunnya dapat dikonsumsi dengan cara tumis sayur atau menjadikannya teh. Namun, daun Centella asiatica juga bisa diolah menjadi keripik, bahan tambahan cendol, lotek, hingga minuman kekinian seperti milshake.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Pegagan, Tanaman Liar dengan Khasiat yang Melimpah

Manfaat Centella asiatica untuk Kulit

Seperti yang telah disebutkan Centella asiatica banyak dikenal karena manfaatnya terhadap kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laman WebMD, misalnya, menyoroti beberapa manfaat Centella asiatica untuk kulit, antara lain:

  • Meredakan luka bakar: mengoleskannya pada luka bakar tingkat dua diyakini mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka bakar.
  • Mengatasi sirkulasi darah yang buruk sebagai penyebab varises dan kondisi lainnya (insufisiensi vena): konsumsi atau ekstrak Centella asiatica (Centellase) tertentu melalui mulut selama 4-8 minggu disebut mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan pada orang dengan sirkulasi darah yang buruk di kaki.

Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan.PIXABAY/BRUCE LAM Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan.
Centella asiatica juga mungkin berkhasiat untuk kondisi-kondisi berikut, namun masih diperlukan bukti ilmiah lebih untuk memastikan efektivitasnya:

  • Menyamarkan stretch mark: mengoleskan krim mengandung Centella asiatica dan bahan lainnya dapat membantu mencegah stretch mark selama kehamilan. Penelitian awal juga menunjukkan bahwa konsumsi Centella asiatica mungkin dapat membuat stretch mark lebih tebal dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan menggunakan krim stretch mark.
  • Gumpalan darah yang terbentuk di pembuluh darah (tromboemboli vena atau VTE): Centella asiatica diyakini dapat membantu mencegah penggumpalan darah terjadi selama penerbangan pesawat yang panjang. Penelitian awal menunjukkan bahwa daun ini dapat menurunkan retensi cairan dan meningkatkan sirkulasi darah pada orang yang bepergian dengan pesawat selama lebih dari 3 jam. Tetapi, tidak diketahui apakah temuan ini dapat diartikan lebih sedikit kejadian pembekuan darah.
  • Penyembuhan luka: penelitian awal menunjukkan, mengoleskan Centella asiatica pada kulit membantu meningkatkan penyembuhan luka.
  • Eksim (dermatitis atopik).
  • Bekas luka yang tebal dan menonjol (bekas luka hipertrofik), dan kondisi lain.

Baca juga: 6 Bahan Alami Terbaik untuk Kulit, Pegagan hingga Minyak Kelapa

Skincare dengan ekstrak Centella asiatica

Sejumlah produk kecantikan memadukan Centella asiatica dengan kandungan lainnya untuk mengoptimalkan khasiatnya.

Termasuk salah satunya rangkaian PureHeal's Centella Line. Produk yang terdiri dari empat produk, mulai dari toner, ampoule, krim, hingga krim mata, ini memadukan ekstrak Centella asiatica dengan berbagai kandungan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.