Kompas.com - 20/08/2021, 13:26 WIB
Ilustrasi merawat wajah ValuaVitalyIlustrasi merawat wajah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan mengalami banyak perubahan yang besar, terutama pada kulit wajah kita.

Salah satu yang paling mencolok yakni munculnya garis-garis halus dan kerutan akibat proses penuaan.

"Banyak perubahan terjadi di dalam kulit selama bertahun-tahun yang secara lahiriah dimanifestasikan sebagai penuaan," kata seorang dokter spesialis kulit dan salah satu pendiri 4.5.6 Skin, Dr Carlos Charles.

Menurut dia, paparan sinar matahari, polusi udara, dan cahaya biru dari gadget kita adalah faktor eksternal paling umum yang berkontribusi pada percepatan penuaan.

"Faktor-faktor tersebut secara bertahap akan menyebabkan perubahan tekstur kulit, hiperpigmentasi, dan bahkan hilangnya kolagen yang berujung pada garis-garis halus maupun kerutan," terangnya.

"Ditambah lagi, seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit cenderung beregenerasi lebih lambat sehingga menyebabkan kulit lebih kusam," sambung dia.

Dengan kata lain, kemampuan kulit kita untuk mempertahankan kelembaban, memproduksi kolagen, dan memperbaiki dirinya sendiri dengan cepat menurun drastis dari waktu ke waktu.

Namun, jangan khawatir, karena beberapa bahan  di dalam skincare ternyata dapat membantu menghaluskan kerutan, menghilangkan hiperpigmentasi, dan secara keseluruhan mencegah penuaan pada kulit.

Baca juga: Yuk, Cegah Penuaan di Kulit dengan Hidup Sehat

Nah, dilansir dari laman CNN, para ahli pun membagikan beberapa bahan terbaik di dalam skincare yang mampu mengatasi munculnya tanda-tanda penuaan di wajah kita sebagai berikut ini.

1. Hyaluronic acid dan ceramide

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.