Kompas.com - 22/08/2021, 18:16 WIB
Ilustrasi vaksinasi Dok. Shutterstock/Tirachard KumtanomIlustrasi vaksinasi

KOMPAS.com - Orang yang baru saja divaksinasi Covid-19 diberikan sejumlah anjuran untuk mencegah efek samping berlebihan.

Beberapa saran yang kerap diberikan adalah memperbanyak konsumsi air putih, cukup beristirahat dan makan makanan bergizi. Selain itu, tenaga kesehatan juga memberikan pantangan untuk memastikan vaksin tetap bekerja optimal.

Misalnya saja tetap menjaga protokol kesehatan termasuk menggunakan masker dan menjauhi kerumunan. Namun, hal yang cukup sering menjadi pertanyaan di benak banyak penerima vaksin adalah soal jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Salah satunya ialah soal apakah kita boleh mengkonsumsi alkohol setelah baru saja mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, 7 Efek Samping Ini Wajar Usai Divaksin Covid-19

Dikutip dari Healthline, tidak ada bukti bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang akan memengaruhi efektivitas vaksin Covid-19. Hal ini berdasarkan sejumlah penelitian di AS yang memastikan apakah alkohol mempengaruhi efektivitas vaksin.

Hasilnya, minum alkohol dalam jumlah sedang atau secukupnya setelah atau beberapa hari pasca divaksin tidak akan mengubah keefektifannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, studi pada kera, tikus dan manusia membuktikan konsumsi alkohol moderat berdampak pada peningkatan kesehatan kardiovaskular dan kemungkinan kekebalan tubuh.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat sebelumnya menetapkan, konsumsi alkohol dalam jumlah moderat bagi pria yakni dua gelas per hari. Sedangkan untuk wanita lebih sedikit yakni satu gelas alkohol per hari.

Meski demikian, para peneliti belum meneliti efek dari minuman keras dalam jumlah banyak atau "pesta mabuk-mabukan" pada efektivitas vaksin COVID-19.

Baca juga: Kecanduan Alkohol Meningkatkan Risiko Kanker Hati

Sebagai pencegahan, lebih baik untuk menghindari peningkatan asupan alkohol beberapa hari setelah mendapatkan vaksin. Cobalah untuk tidak minum alkohol dulu selama beberapa saat setelah divaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.