Kompas.com - 27/08/2021, 06:30 WIB
Rumah makan harus i mendisinfeksi area rumah makan minimal tiga hari sekali dan menjaga jarak pelanggan dalam antrean. Shutterstock/Vichie81Rumah makan harus i mendisinfeksi area rumah makan minimal tiga hari sekali dan menjaga jarak pelanggan dalam antrean.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 sudah berjalan hampir dua tahun lamanya, namun kita sebagai masyarakat Indonesia masih sulit menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Pemerintah, pakar kesehatan maupun figur publik yang berkompetensi terus-menerus mengingatkan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Langkah yang harus ditempuh juga tergolong mudah, yakni rutin mencuci tangan, disiplin mengenakan masker, dan menjaga jarak.

Baca juga: Pandemi, Ini 7 Cara Tetapkan Batasan dengan Teman yang Tak Jaga Jarak

Meski demikian, hal ini pun sepertinya masih sulit terwujud, dan banyak di antara kita yang abai.

Kerumunan orang masih sering dijumpai untuk alasan yang tidak penting, dan banyak pula yang masih bepergian tanpa mengindahkan anjuran untuk berdiam di rumah saja.

Selain itu, masih ditemukan pula orang-orang yang malas memakai masker ketika berkegiatan di luar rumah.

Raymond Tambunan, psikolog dari Universitas Indonesia mengatakan, kultur pencegahan memang belum berkembang di masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tetaplah Jaga Jarak dan Pakai Masker

Hal ini yang membuat masyarakat masih sulit bersikap disiplin dalam melakukan protokol pencegahan Covid-19.

"Kita belum terbiasa hidup dengan prinsip antisipasi, pengennya immediate effect, hasil yang cepat."

Demikian penuturan Raymond ketika menjadi narasumber bincang klinis virtual bertema "Rajin Testing Covid-19: The New Normal" pada Kamis (26/8/2021) kemarin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.