Kompas.com - 29/01/2021, 06:30 WIB
Ilustrasi social distancing, jarak sosial ShutterstockIlustrasi social distancing, jarak sosial

KOMPAS.com - Meski vaksinasi sudah mulai berjalan di beberapa negara, bukan berarti kita bisa bebas bersosialisasi dengan teman-teman tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Belakangan ini, banyak sekali kasus orang yang terinfeksi Covid-19 karena berkerumun dan mengabaikan anjuran untuk menjaga jarak sosial.

Menurut psikolog klinis, Dr Carla Marie Manly, ada beberapa alasan mengapa beberapa orang mengalami kesulitan dengan aturan jarak sosial semacam itu. 

Baca juga: Topi China Kuno sejak Dulu Dirancang untuk Jarak Sosial, Benarkah?

Pertama, mereka mungkin marah dan bingung atas kurangnya konsistensi, serta persyaratan yang dapat diandalkan mengenai jarak sosial.

Sementara itu, beberapa orang juga merasa, aturan tersebut bisa menjadi pelanggaran pada hak-hak pribadi mereka.

"Jadi ketika kita menampilkan pandangan yang berlawanan tentang aturan tersebut, kita bisa terpolarisasi dan seolah-olah menciptakan dinamika yang menghakimi," kata dia.

Perbedaan pendapat tentang aturan menjaga jarak sosial juga dapat mendorong terjadinya argumen dan emosi yang tinggi.

Lantas, bagaimana kita dapat menetapkan batas jarak sosial dengan teman-teman tanpa masuk ke argumen yang membuat suasana menjadi tegang?

Baca juga: Lari di Luar Ruangan, Jangan Lupa Terapkan Aturan Jaga Jarak

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk menetapkan batasan dengan teman-teman yang tidak mau menjaga jarak sosial di masa pandemi Covid-19.

1. Tentukan batasan 

Sebelum membuat rencana untuk bertemu dengan teman-teman, pastikan kita sudah menentukan batasan jarak sosial kita sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X