Kompas.com - 30/08/2021, 06:26 WIB
Ilustrasi soda Ilustrasi soda

KOMPAS.com - Peradangan atau inflamasi adalah respons yang dihasilkan tubuh ketika ada organ tertentu yang mengalami cedera.

Respons tersebut sebenarnya baik bagi tubuh, namun dalam kondisi yang parah peradangan akan memicu penumpukan plak di dalam aliran darah.

Apabila dibiarkan, peradangan akan meningkatkan risiko kematian. Peradangan ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan, atau minuman tertentu secara berlebihan.

Menurut pakar diet Amy Goodson, pada dasarnya tidak ada makanan, minuman, atau bahan-bahan tertentu yang dapat menyebabkan peradangan.

Baca juga: Waspadai, Faktor Pemicu Peradangan dari Minuman Beralkohol

"Dalam berbagai kasus, asupan makanan dan atau bahan tertentu secara konsisten yang bisa menyebabkan masalah kesehatan akan mengarah pada peradangan kronis tingkat rendah," sebut Goodson.

Berdasarkan keterangannya, minuman yang menyebabkan peradangan tergantung dari seberapa sering kita mengonsumsi minuman tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juga, apakah minuman itu berisiko merusak kesehatan atau tidak.

"Individu yang sering mengonsumsi soda, teh manis, minuman manis lainnya dalam jumlah besar cenderung berisiko lebih besar mengalami peradangan kronis," sambung wanita itu.

Berikut ini adalah sejumlah minuman yang dapat meningkatkan risiko terkena peradangan dan masalah kesehatan lain jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Soda

Minuman bersoda sarat akan gula. Satu kaleng atau satu botol minuman bersoda tidaklah berbahaya.

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.