Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Ada 4 Minuman yang Picu Risiko Peradangan

Kompas.com - 30/08/2021, 06:26 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Peradangan atau inflamasi adalah respons yang dihasilkan tubuh ketika ada organ tertentu yang mengalami cedera.

Respons tersebut sebenarnya baik bagi tubuh, namun dalam kondisi yang parah peradangan akan memicu penumpukan plak di dalam aliran darah.

Apabila dibiarkan, peradangan akan meningkatkan risiko kematian. Peradangan ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan, atau minuman tertentu secara berlebihan.

Menurut pakar diet Amy Goodson, pada dasarnya tidak ada makanan, minuman, atau bahan-bahan tertentu yang dapat menyebabkan peradangan.

Baca juga: Waspadai, Faktor Pemicu Peradangan dari Minuman Beralkohol

"Dalam berbagai kasus, asupan makanan dan atau bahan tertentu secara konsisten yang bisa menyebabkan masalah kesehatan akan mengarah pada peradangan kronis tingkat rendah," sebut Goodson.

Berdasarkan keterangannya, minuman yang menyebabkan peradangan tergantung dari seberapa sering kita mengonsumsi minuman tersebut.

Juga, apakah minuman itu berisiko merusak kesehatan atau tidak.

"Individu yang sering mengonsumsi soda, teh manis, minuman manis lainnya dalam jumlah besar cenderung berisiko lebih besar mengalami peradangan kronis," sambung wanita itu.

Berikut ini adalah sejumlah minuman yang dapat meningkatkan risiko terkena peradangan dan masalah kesehatan lain jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Soda

Minuman bersoda sarat akan gula. Satu kaleng atau satu botol minuman bersoda tidaklah berbahaya.

Namun, jika diminum terus-menerus maka minuman itu berpotensi memicu peradangan kronis.

Penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan adanya peningkatan resistensi insulin dan kolesterol pada responden yang minum satu kaleng minuman bersoda setiap hari.

Baca juga: Resep Es Soda Alpukat, Minuman Segar Cuma 2 Langkah Pembuatan

Selain itu, para peneliti melihat kenaikan tingkat CRP (c-reactive protein) yang merupakan penanda inflamasi atau peradangan.

2. Alkohol

Menurut Goodson, jumlah asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan.

"American Heart Association dan Pedoman Diet Amerika Serikat menyimpulkan minum minuman beralkohol secara moderat masuk ke dalam gaya hidup sehat (wanita satu gelas per hari dan pria dua gelas per hari)."

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com