Kompas.com - 02/09/2021, 20:19 WIB
Penumpang di dalam pesawat. UNSPLASH/Killian PhamPenumpang di dalam pesawat.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Selain menetapkan waktu dan kemana kita akan pergi, menetapkan tempat duduk di pesawat pun tak kalah penting.

Sebab, setiap bangku di pesawat memiliki kelebihannya sendiri. Misalnya, duduk di kursi dekat lorong akan memudahkan kita untuk ke toilet atau mengambil tas di bagasi atas.

Sementara itu duduk di tengah membuat kita duduk nyaman karena kedua armrest akan menjadi milik kita.

Lalu, jika memilih kursi di sisi jendela, kita bisa melihat pemandangan yang terlewati.

Tapi selain itu, kursi dekat jendela ini memiliki satu kelebihan lain: ini adalah kursi terbaik agar terhindar dari penyakit.

Baca juga: Agar Tidak Tertular Penyakit Saat Naik Pesawat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penularan penyakit di pesawat sebenarnya bukan disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara dalam pesawat, namun karena orang-orang yang bergerak di dalamnya.

Dalam sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam The Proceedings of the National Academy of Sciences, ditemukan bahwa untuk orang yang duduk di kursi lorong mengalami potensi sakit terbesar, diikuti oleh kursi tengah, dan terendah kursi dekat jendela.

Kabar ini akan terasa semakin baik jika kita duduk di dekat jendela tanpa ada satu pun orang di sebelah kita. Jadi, jika ingin menghindari penyakit dan kuman, booking kursi dekat jendela.

“Dengan lebih dari 3 miliar penumpang pesawat setiap tahun, penularan penyakit dalam penerbangan merupakan masalah kesehatan global yang penting,” tulis studi tersebut.

Selain itu, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ada lebih dari selusin kasus penularan infeksi serius dalam penerbangan yang telah didokumentasikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.