Kompas.com - 19/09/2021, 19:40 WIB
Hidung tersumbat adalah gejala umum pilek atau alergi. Meski terdengar sepele, namun hidung tersumbat sangat mengganggu kenyamanan, apalagi jika terjadi di malam hari saat kita tidur. PEXELS/POLINA TANKILEVITCHHidung tersumbat adalah gejala umum pilek atau alergi. Meski terdengar sepele, namun hidung tersumbat sangat mengganggu kenyamanan, apalagi jika terjadi di malam hari saat kita tidur.

KOMPAS.com - Hidung tersumbat adalah gejala umum pilek atau alergi. Meski terdengar sepele, namun hidung tersumbat sangat mengganggu kenyamanan, apalagi jika terjadi di malam hari saat kita tidur.

Penyebab hidung tersumbat

Banyak orang mengira penyebab hidung tersumbat adalah terlalu banyak lendir di saluran hidung.

Namun, penyebab hidung tersumbat sebenarnya adalah pembuluh darah yang meradang di sinus. Pembuluh darah yang teriritasi ini biasanya dipicu oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.

Menurut Healthline, hidung tersumbat terkait penyakit biasanya akan membaik dalam waktu satu minggu.

Jika hidung tersumbat berlangsung lebih dari satu minggu, itu bisa jadi merupakan gejala masalah kesehatan yang mendasari.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Tidur Tetap Nyaman Saat Hidung Tersumbat

Cara mengatasi hidung tersumbat

Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat dan ketidaknyamanan yang ditimbulkannya, antara lain

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat karena uap membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.SHUTTERSTOCK/ALEXANDERON Mandi air hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat karena uap membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.
Mandi air hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat karena uap membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.

Mandi air panas hangat membantu pernapasan kita kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

Efek yang sama bisa kita dapatkan dengan menghirup uap dari wadah berisi air panas yang ditambahkan minyak chamomile atau peppermint.

Berhati-hatilah ketika menumpahkan air panas dan pastikan keamanannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.