Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2021, 12:53 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Kopi menjadi pilihan minuman yang umum untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi agar siap menjalani aktivitas rutin. 

Tak jarang orang meminum kopi setelah bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Sebenarnya, apakah aman bagi lambung jika kita langsung ngopi saat perut masih kosong?

Menurut Harvard School of Public Health, kafein membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk diserap dalam tubuh, dan "memuncak" dalam aliran darah antara 15 menit dan 2 jam.

Namun, angka-angka ini tidak standar dan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama, kepekaan kita terhadap kafein yang  sebenarnya dapat dipengaruhi oleh variasi genetik.

Menurut laporan dari Coffee & Health, 95 persen kafein yang kita metabolisme dipengaruhi oleh sesuatu yang disebut gen CYP1A2, yang terbagi menjadi dua variasi berbeda.

Baca juga: 4 Kesalahan Minum Kopi yang Perlu Dihindari

Bergantung pada variasi gen ini, apakah kita termasuk dalam "pemetabolisme cepat", yang mengalami efek kafein untuk waktu yang lebih singkat, atau "pemetabolisme lambat" yang mengalami kewaspadaan dan energi yang tersisa dari kafein yang dikonsumsi.

Faktor lain yang mengubah efek kafein adalah makanan di usus kita.

Menurut Harvard Health, adanya makanan dalam tubuh, terutama sesuatu yang tinggi serat, saat kita mengonsumsi kopi akan memperlambat proses ketika kafein mulai bekerja. Jadi minum saat perut kosong akan membuat kita merasakan efeknya lebih cepat.

Bagi sebagian orang, minum kopi saat perut kosong sama sekali tidak berbahaya. Tetapi bagi yang lain, sentakan kafein yang cepat dapat memicu gejala kecemasan atau panik.

Jika kita merasa cemas setelah minum kopi atau secara alami rentan terhadap kecemasan, semakin cepat kafein masuk ke aliran darah kita saat perut kosong, maka ini dapat memicu gejala yang tidak diinginkan.

Baca juga: 5 Dampak pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Ngopi

Sebaliknya, jika kita tidak mengalami gejala kecemasan saat minum kafein, meminumnya saat perut kosong mungkin tidak masalah.

Ini dikarenakan kafein memasuki aliran darah lebih cepat, ngopi pagi bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan dorongan energi setelah bangun tidur.  Namun, ada baiknya kita tidak melewatkan sarapan sama sekali.

Perlu dipahami bahwa tubuh kita bisa membangun toleransi terhadap kafein, sehingga efek berenergi itu lama-kelamaan bisa turun atau kita perlu menambah dosisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com