Kompas.com - 21/09/2021, 17:10 WIB
Ada sejumlah gangguan pengelihatan di usia 40 tahun yang perlu diwaspadai agar dapat diantisipasi sejak awal. UNSPLASH/BACILA VLADAda sejumlah gangguan pengelihatan di usia 40 tahun yang perlu diwaspadai agar dapat diantisipasi sejak awal.

KOMPAS.com - Gangguan penglihatan memang terjadi secara perlahan. Ketika masih berusia 20 tahunan, kita mungkin menganggap gangguan penglihatan tak bakal terjadi dalam waktu dekat. Namun tanpa disadari, kita ternyata sudah sampai di titik tersebut.

Sama seperti area tubuh lainnya, mata juga menua seiring bertambahnya usia. Kita mungkin akan merasa lebih sulit fokus terhadap objek di depan mata atau masalah lainnya.

Gangguan penglihatan seiring bertambahnya usia

Dokter mata Claudia Perez-Straziota, MD menjelaskan bahwa mata kita seperti lensa. Lensa di dalam mata akan fokus secara otomatis terhadap objek yang kita lihat.

Proses tersebut terjadi dengan adanya kontraksi dan relaksasi otot-otot mata yang menggerakkan lensa kita ke depan atau ke belakang.

"Ketika masih muda, mata kita masih dapat "berakomodasi" atau fokus pada jarak berbeda tanpa bantuan kacamata atau alat bantu lainnya," kata dia, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Seiring bertambahnya usia, otot-otot mata mulai kehilangan kemampuannya untuk menyesuaikan diri dan mengakomodasi. Pada akhirnya, kemampuan kita untuk melihat sesuatu dari dekat akan semakin berkurang.

Gangguan mata ini mulai terjadi di usia 40 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini disebut presbiopi dan mulai terjadi pada usia sekitar 40 tahun," ujarnya.

Selain presbiopi, kita juga mungkin mengalami sejumlah gangguan penglihatan di usia 40 tahun. Beberapa di antaranya seperti mata kering dan glaukoma.

Baca juga: 10 Makanan Tak Sehat yang Harus Dibatasi di Usia 40 Tahun

Gangguan penglihatan di usia 40 tahun

Beberapa gangguan pengelihatan di usia 40 tahun ke atas dapat diatasi menggunakan kacamata berlensa khusus.UNSPLASH/NONSAP VISUALS Beberapa gangguan pengelihatan di usia 40 tahun ke atas dapat diatasi menggunakan kacamata berlensa khusus.
Menurut Prevention, berikut sejumlah gangguan penglihatan di usia 40 tahun yang perlu diwaspadai. Gangguan tersebut mungkin saja datang lebih awal atau lebih lama, namun mengenalinya lebih dini dapat membantu kita mencari solusi dengan segera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.