Kompas.com - 28/09/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki banyak waktu luang menjadi impian banyak orang, terlebih ketika sedang didera kesibukan dan tidak sempat bersantai.

Banyak dari kita berharap memiliki waktu luang yang tak terbatas untuk melakukan segala hal yang diinginkan, sehingga kita akan merasa amat bahagia. Tak perlu ada pekerjaan atau hal yang harus dilakukan dan kita bebas bersantai sepuasnya.

Namun, penelitian Anderson School of Management UCLA, Amerika Serikat membantah hal tersebut. Memiliki terlalu banyak waktu luang rupanya tidak otomatis memberikan kita perasaan bahagia.

Bahkan, waktu bersantai yang berlebihan akan cenderung dapat mengurangi kualitas dan kesejahteraan hidup.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Mengurangi Pola Hidup Mager

Penelitian yang diterbitkan awal bulan ini di Journal of Personality and Social Psychology ini menyebutkan, kesejahteraan individu meningkat berkorelasi dengan waktu luang mereka – tetapi hanya sampai titik tertentu.

Meskipun memiliki terlalu sedikit waktu luang berdampak tidak sehat pada diri kita, terlalu banyak juga dapat mengurangi kesejahteraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita, sebagai manusia, tidak suka bermalas-malasan." jelas Cassie Mogilner Holmes, pemimpin penelitian yang merupakan profesor studi pemasaran dan pengambilan keputusan perilaku itu.

“Apa yang kami temukan adalah bahwa jumlah waktu luang atau waktu luang yang moderat adalah jenis sweet spot yang paling membuat orang bahagia,” kata anggota riset, Marissa Sharif, asisten profesor pemasaran di Wharton School di University of Pennsylvania.

Memiliki sedikit waktu luang membuat orang lebih bahagia daripada memiliki sedikit waktu, karena itu mengurangi stres kala itu.

Baca juga: Melarikan Diri dari Bosan dan Sedih ke Makanan, Ini Bahayanya

Namun jumlah waktu luang yang moderat akan membuat orang menjadi lebih baik dan lebih bahagia dibandingkan yang berlebihan. Ketika terlalu banyak memiliki waktu luang, kita akan merasa kurang produktif dan tidak memiliki tujuan hidup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.