Kompas.com - 30/09/2021, 09:21 WIB
Manfaat vitamin C sangatlah beragam. Vitamin yang juga dikenal sebagai asam askorbat ini membantu banyak fungsi biologis tubuh, termasuk sintesis kolagen, penyembuhan luka, serta perbaikan dan pemeliharaan tulang, tulang rawan, dan gigi. SHUTTERSTOCK/TATJANA BAIBAKOVAManfaat vitamin C sangatlah beragam. Vitamin yang juga dikenal sebagai asam askorbat ini membantu banyak fungsi biologis tubuh, termasuk sintesis kolagen, penyembuhan luka, serta perbaikan dan pemeliharaan tulang, tulang rawan, dan gigi.

KOMPAS.com - Vitamin C adalah nutrisi penting untuk menjaga fungsi tubuh.

Menurut Verywell Health, manfaat vitamin C sangatlah beragam. Vitamin yang juga dikenal sebagai asam askorbat ini membantu banyak fungsi biologis tubuh, termasuk sintesis kolagen, melaan penuaan, hingga membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Vitamin C telah digunakan sejak lama untuk membantu mencegah atau mengobati penyakit kudis atau penyakit lainnya yang berkaitan dengan kekurangan vitamin C.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (25/02/2020), daftar dosis kebutuhan vitamin C per hari berdasarkan panduan yang dibuat oleh The Institute of Medicine dari Amerika Serikat, yakni:

  • Anak usia 1 – 3 tahun: 15 mg
  • Anak usia 4 – 8 tahun: 25 mg
  • Remaja 9 – 13 tahun: 45 mg
  • Remaja 14 – 18 tahun: 65 – 75 mg
  • Wanita dewasa 19+ : 75 mg
  • Pria dewasa 19 : 90 mg
  • Ibu hamil 19+: 85 mg
  • Ibu menyusui 19+: 120 mg

Sebagai gambaran, sekitar 90 mg vitamin C kira-kira setara dengan dua buah jeruk.

Baca juga: 10 Manfaat Vitamin D, Tak Cuma Menguatkan Tulang

Manfaat vitamin C

Manfaat vitamin C yang cukup populer di masyarakat adalah sebagai peningkat kekebalan tubuh. Namun, manfaat vitamin C sebetulnya tak hanya itu.

Berikut sejumlah manfaat vitamin C yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin dan jumlah cukup:

1. Vitamin C membantu penyerapan zat besi

Salah satu manfaat vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi.FREEPIK/YANALYA Salah satu manfaat vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi.
Salah satu manfaat vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi.

Melansir Everyday Health, zat besi mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang baik, membantu tubuh mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh, dan membantu memproduksi hormon tertentu.

Zat besi non-heme atau jenis zat besi yang ditemukan pada tumbuhan, sangat sulit diserap tubuh. Namun, mengonsumsi vitamin C (dan zat besi heme atau zat besi dari sumber hewani) bersama dengan zat besi non-heme bisa membantu penyerapannya menjadi lebih baik.

Baca juga: 8 Sumber Makanan Tinggi Zat Besi, Bantu Cegah Anemia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.