Kompas.com - 06/10/2021, 17:29 WIB

KOMPAS.com - Anak penyandang disleksia memang memiliki kesulitan membaca, mengeja, dan menulis. Namun, mereka akan mahir melakukannya jika diajar dengan tepat.

Menurut Asosiasi Disleksia Internasional, disleksia adalah ketidakmampuan belajar anak. Penyandang disleksia tidak bisa disembuhkan dan anak akan terus membawanya sampai dewasa. 

Belum lama ini sebuah penelitian menemukan bahwa dengan meningkatkan jumlah ruang antar huruf cetak atau membuat efek jarak huruf "ekstra-besar" dapat berpengaruh pada kecepatan dan akurasi membaca anak.

Baca juga: Tanda-tanda Disleksia pada Anak yang Perlu Diketahui Orangtua

Memberikan ruang ekstra pada jarak huruf

Para peneliti menunjukkan ruang ekstra di antara huruf cetak tampaknya membuat tugas membaca menjadi sedikit lebih mudah baik bagi anak-anak dengan atau pun tanpa disleksia.

Lewat metode ini, kecepatan membaca anak meningkat selama mengikut tes tiga menit. Sementara itu, anak penyandang disleksia berhasil mengurangi kesalahan membaca, khususnya melewatkan kata-kata.

"Sementara ada persepsi populer bahwa disleksia adalah masalah visual, penelitian bertahun-tahun menunjukkan sebaliknya," kata Daniela Montalto, seorang neuropsikiater pediatrik yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Oleh karena itu, disleksia tidak dapat diperbaiki atau didukung dengan penerapan alat bantu visual. Sebaliknya, disleksia dianggap sebagai kecacatan berbasis bahasa.

"Gangguan tersebut terutama berakar pada area bahasa di otak," kata Montalto.

Baca juga: Psikolog UGM: Rentan Di-bully, Jangan Beri Stigma Bodoh Anak Disleksia

Tetapi, Montalto juga mencatat, beberapa peneliti telah melihat apakah kelemahan dalam pemrosesan visual dapat berkontribusi pada lambatnya membaca yang terlihat pada penyandang disleksia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.