Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2021, 11:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemitraan Michael Jordan dengan Nike membuka pintu bagi industri besar sneakers. Sekarang, sepasang sepatu pertama yang menjadi awal mula semuanya itu akan dijual.

Pada hari Jumat, rumah lelang Sotheby's mengumumkan bahwa mereka akan menjual sepatu Nike Michael Jordan yang pertama dan bersejarah di acara lelang Icons of Excellence & Haute Luxury pada 24 Oktober.

Dikenal sebagai Nike Air Ships, sneaker berwarna merah dan putih itu mendahului siluet Air Jordan 1 yang dirancang oleh Bruce Kilgore.

Sotheby's memperkirakan bahwa mereka akan menjual sepatu itu antara 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar dan 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 21 miliar.

"Michael Jordan dan merek Jordan membantu mendefinisikan kembali seperti apa garis tanda yang terbentuk dalam seorang atlet," kata Brahm Wachter, kepala Sotheby's Streetwear and Modern Collectables dalam sebuah pernyataan.

"Sneaker dari pertandingan NBA kelima Michael ini benar-benar memegang tempat khusus di hati para sneakerhead sebagai pendahulu Air Jordan 1, tetapi lebih dari itu, Air Ships juga menjadi artefak luar biasa," sambung dia.

Baca juga: Air Jordan 1 Chicago Michael Jordan Terjual Rp 6,1 Miliar

Sepasang sepatu itu dikenakan Jordan selama musim Rookie di tahun 1984 dalam kemitraan pertamanya bersama Nike sebagai sponsor. 

Jordan telah menandatangani kesepakatan sebelum musim dimulai, tetapi Air Jordan 1 belum siap untuk dia pakai di lapangan, sehingga dia harus memakai Air Ships.

Sementara itu, Nike membuat Air Ships dalam jumlah terbatas, beberapa di antaranya memiliki tulisan "Air Jordan" atau "Nike Air" di bagian tumitnya.

Tetapi, karena sempat melanggar aturan seragam NBA, sneaker itu dengan cepat menjadi terkenal.

Diberitakan bahwa NBA mendenda Jordan sebesar 5.000 dollar AS atau sekitar Rp 71 juta setiap kali dia mengenakan sneaker itu di lapangan, meskipun Sole Collector mencatat tidak pernah ada bukti tentang hal ini.

Yang benar adalah bahwa eksekutif liga menulis surat kepada Nike yang menyatakan bahwa mereka melarang penggunaan sneaker tersebut, yang dengan cerdik diubah oleh Nike menjadi kampanye iklan.

Setelah memakainya di pertandingan NBA kelima, Jordan pun langsung memberikan Air Ships itu kepada Tommie Tim III Lewis, seorang ball boy Denver Nuggets.

Rumah lelang menilai sneaker itu dalam kondisi yang sangat baik.

Penjualan akan berlangsung di MGM Aria Resort & Casino di Las Vegas, dan Air Ships bukan satu-satunya barang dengan harga tinggi yang tersedia.

Barang-barang mewah lainnya yang akan dijual mencakup Rolex langka, tas Hermes Birkin, hingga sejumlah koleksi mobil.

Tetapi, mengingat kelangkaan dan sejarahnya, Nike Air Ships yang menjadi sepatu paling pertama dari Jordan mungkin bakal menjadi yang teratas.

Baca juga: Air Jordan 1 Bertanda Tangan Michael Jordan Dijual Seharga Rp 13 M

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com