Kompas.com - 11/10/2021, 11:05 WIB
Sepatu Jordan Air Ship Sepatu Jordan Air Ship
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kemitraan Michael Jordan dengan Nike membuka pintu bagi industri besar sneakers. Sekarang, sepasang sepatu pertama yang menjadi awal mula semuanya itu akan dijual.

Pada hari Jumat, rumah lelang Sotheby's mengumumkan bahwa mereka akan menjual sepatu Nike Michael Jordan yang pertama dan bersejarah di acara lelang Icons of Excellence & Haute Luxury pada 24 Oktober.

Dikenal sebagai Nike Air Ships, sneaker berwarna merah dan putih itu mendahului siluet Air Jordan 1 yang dirancang oleh Bruce Kilgore.

Sotheby's memperkirakan bahwa mereka akan menjual sepatu itu antara 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar dan 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 21 miliar.

"Michael Jordan dan merek Jordan membantu mendefinisikan kembali seperti apa garis tanda yang terbentuk dalam seorang atlet," kata Brahm Wachter, kepala Sotheby's Streetwear and Modern Collectables dalam sebuah pernyataan.

"Sneaker dari pertandingan NBA kelima Michael ini benar-benar memegang tempat khusus di hati para sneakerhead sebagai pendahulu Air Jordan 1, tetapi lebih dari itu, Air Ships juga menjadi artefak luar biasa," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Air Jordan 1 Chicago Michael Jordan Terjual Rp 6,1 Miliar

Sepasang sepatu itu dikenakan Jordan selama musim Rookie di tahun 1984 dalam kemitraan pertamanya bersama Nike sebagai sponsor. 

Jordan telah menandatangani kesepakatan sebelum musim dimulai, tetapi Air Jordan 1 belum siap untuk dia pakai di lapangan, sehingga dia harus memakai Air Ships.

Sementara itu, Nike membuat Air Ships dalam jumlah terbatas, beberapa di antaranya memiliki tulisan "Air Jordan" atau "Nike Air" di bagian tumitnya.

Tetapi, karena sempat melanggar aturan seragam NBA, sneaker itu dengan cepat menjadi terkenal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.