Kompas.com - 12/10/2021, 11:26 WIB
Salah satu kacamata peninggalan Kerajaan di India yang akan segera dilelang pada akhir bulan Oktober 2021 ini. DOKUMENTASI Sotheby’sSalah satu kacamata peninggalan Kerajaan di India yang akan segera dilelang pada akhir bulan Oktober 2021 ini.

KOMPAS.com - Dua kacamata yang berhiaskan berlian dengan lensa zamrud langka, yang konon adalah peninggalan Pangeran India tidak dikenal, akan dilelang di London, Inggris akhir bulan ini.

Menurut rumah lelang Sotheby's -selaku penyelenggara lelang, kacamata dengan bingkai era Mughal itu berasal dari sekitar tahun 1890.

Baca juga: Balai Lelang Sothebys Lepas 50 Sepatu Nike dan Jordan Langka

Masing-masing kacamata ini akan ditawarkan mulai harga 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 28 miliar dan 3,4 juta dollar AS atau Rp 48 miliar.

Menjelang masa penjualan, untuk pertama kalinya kacamata tersebut akan dipamerkan, mulai bulan Oktober di Hong Kong dan London.

"Penguasaan teknis pemotong, kejeniusan pengerjaannya, hingga bagaimana pola untuk kacamata ini, terlihat sangat berbeda dari yang pernah ada sebelumnya."

Demikian kata Ketua Sotheby's untuk wilayah Timur Tengah dan India, Edward Gibbs.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bella Hadid Akan Lelang Item Fesyen untuk Amal

Tidak jelas siapa yang membuat kacamata ini, tetapi mungkin milik dinasti Mughal, yang berkuasa pada abad ke-16 dan ke-17, dan dikenal dengan pencapaian artistik, serta seni arsitektur yang kaya.

"Kualitas dan kemurnian batu permata itu luar biasa, dan batu sebesar ini tidak diragukan lagi merupakan simpanan seorang kaisar," tambah Gibbs.

Kacamata berlian itu diperkirakan berasal dari tambang Golconda di India selatan. Sementara, zamrud yang berbentuk tetesan air mata berasal dari satu zamrud alami Kolombia.

DOKUMENTASI Sotheby’s Kacamata berlian itu diperkirakan berasal dari tambang Golconda di India selatan. Sementara, zamrud yang berbentuk tetesan air mata berasal dari satu zamrud alami Kolombia.
Kacamata berlian itu diperkirakan berasal dari tambang Golconda di India selatan. Sementara, zamrud yang berbentuk tetesan air mata berasal dari satu zamrud alami Kolombia.

"Jika lensa biasa hanya berfungsi untuk meningkatkan pengelihatan, lensa zamrud ini adalah bantuan untuk pencerahan spiritual."

Baca juga: Virgil Abloh Lelang Kolaborasi Air Jordan 4 untuk Amal

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.