Kompas.com - 13/10/2021, 11:49 WIB
Ilustrasi menggunakan media sosial Dok. ShutterstockIlustrasi menggunakan media sosial

KOMPAS.com - Media sosial sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram menjadi sumber informasi sekaligus hiburan. Sayangnya, penggunaan media sosial yang berlebihan juga bisa berdampak buruk pada kesehatan mental kita.

Sejumlah penelitian membuktikan media sosial dapat menyebabkan depresi, harga diri rendah, masalah citra tubuh, kecemasan, isolasi sosial, dan banyak masalah psikologis lainnya.

Selain itu, penggunaan yang berlebihan juga dapat memicu gangguan makan dan perilaku menyakiti diri sendiri. Hal ini karena media sosial membuat kita terus membandingkan diri dengan orang lain di dunia maya dan memiliki perasaan Fear of Missing Out (FOMO).

Para pakar menganjurkan kita untuk secara berkala menerapkan social media break. Rehat sejenak ini berfungsi sebagai detok guna menghilangkan berbagai dampak buruk media sosial sampai siap menjadi penggunanya lagi.

Baca juga: Kenapa Orang Senang Bikin Akun Anonim di Media Sosial?

Tips menerapkan social media break

Sebagian besar dari kita sudah menjadi pengguna media sosial akut dan cenderung ketergantungan. Keharuskan melakukan social media break mungkin terasa menyulitkan karena kecemasan tertinggal informasi dan update terbaru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, jeda ini sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk melakukan banyak hal lain yang tak kalah asyik. Misalnya membaca buku, bermain dengan hewan peliharaan atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang terdekat.

Selain itu, social media break tidak selalu harus dilakukan dengan mematikan ponsel atau memutus jaringan internet. Kita bisa melakukannya dengan membatasi waktu yang dihabiskan di depan platform media sosial sampai tahap minimal.

Agar lebih efektif, berikut adalah tips yang bisa dipraktikan ketika menerapkan social media break.

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Body Shaming di Media Sosial

Letakkan ponsel jauh dari jangkauan

Kita bisa melakukan social media break dengan meletakkan ponsel jauh dari jangkauan. Khususnya jika tidak bisa sepenuhnya benar-benar mematikan smartphone karena alasan pekerjaan atau kebutuhan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.