Kompas.com - 15/10/2021, 06:06 WIB
Kopi hitam kaya akan antioksidan, sehingga manfaat kopi hitam dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan serius seperti kanker dan penyakit jantung. SHUTTERSTOCKKopi hitam kaya akan antioksidan, sehingga manfaat kopi hitam dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan serius seperti kanker dan penyakit jantung.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Satu lagi bukti ilmiah terbaru yang membuktikan manfaat secangkir kopi bagi kesehatan.

Sebuah studi di Korea yang dilakukan Seoul National University Department of Food and Nutrition and Department of Preventive Medicine menunjukkan asupan kopi dapat mengurangi risiko kematian.

Studi ini merupakan proyek berskala besar pertama yang meneliti 330.000 orang Asia yang berasal dari Korea, Cina, Jepang, dan Singapura selama 12,5 tahun.

Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan jumlah asupan kopi harian mereka, yakni satu sampai tiga cangkir, tiga sampai lima cangkir, dan lima cangkir atau lebih.

Hasil studi menemukan risiko kematian peserta yang meminum kopi berkurang lebih dari 20 persen dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Pria yang meminum satu hingga tiga cangkir kopi memiliki risiko kematian 22 persen lebih rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, pria yang mengonsumsi tiga hingga lima cangkir kopi atau lebih, risiko kematian mereka 24 persen lebih rendah.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Turunkan Risiko Kematian, Apa Sebabnya?

Persentase pada wanita sedikit berbeda daripada pria. Wanita yang mengonsumsi satu sampai tiga cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko kematian 20 persen lebih rendah.

Kemudian, tingkat kematian pada wanita yang mengonsumsi tiga hingga lima cangkir kopi tercatat 24 persen lebih rendah.

Bagi wanita yang mengonsumsi lima cangkir kopi atau lebih, risiko kematian mereka 28 persen lebih rendah.

Halaman:


Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.