Kompas.com - 19/10/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi celana dalam shutterstockIlustrasi celana dalam

KOMPAS.com - Selama ini perdebatan soal jenis celana dalam yang paling mampu menjaga kesehatan sperma terus menjadi bahan perbincangan di antara kaum laki-laki.

Anggapan yang menilai bahwa celana dalam ketat menjadi biang dari kerusakan sperma telah meluas ke mana-mana. Namun, apakah ada penjelasan ilmiah yang dapat menerangkan hal ini?

Pakar urologi yang juga ahli bedah panggul asal Amerika Serikat (AS) dr. Rena Malik mengatakan, suhu yang tinggi pada bagian genital laki-laki kerap dianggap bisa memberikan dampak negatif bagi kualitas sperma.

Oleh karenanya, memakai boxer yang lebih longgar menjadi opsi yang paling banyak dipilih ketimbang mengenakan celana dalam ketat jenis brief .

Boxer menyisakan lebih banyak ruang untuk 'bernapas', sedangkan celana dalam brief hanya sedikit dan membuat bagian kemaluan menjadi lebih gerah," katanya dalam video berdurasi 4:38 menit yang diunggah di kanal Youtube-nya Rani Mali, M.D.

"Jadi banyak orang beranggapan sebaiknya menghindari celana dalam ketat jika ingin mencoba untuk mendapatkan anak,” tambah Rena Malik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ketika melihat kembali studi tahun '90-an, ia mendapati bahwa berdasarkan pengujian terhadap 97 laki-laki, sebenarnya tidak ada perbedaan berarti soal kualitas sperma antara yang mengenakan boxer dan celana dalam brief. Bahkan, perbedaannya sangat minim.

Baca juga: Jenis Celana Dalam Pria Seperti Apa yang Paling Sehat?

Ilustrasi jenis celana dalamvectorikart Ilustrasi jenis celana dalam
Rena Malik kemudian mengemukakan, menurut studi terbaru yang didapatnya, tidak ada dampak yang signifikan dari pilihan pakaian dalam terhadap kemampuan untuk membuat hamil pasangan.

Sejauh menyangkut kesehatan dan kualitas sperma, ia menilai tidak masalah jika ada laki-laki yang lebih suka memakai celana dalam brief atau boxer.

Walau demikian, Rena Malik menyampaikan bahwa mengenakan celana dalam ketat untuk beberapa kasus dapat menyebabkan masalah kesehatan atau kebersihan lainnya, seperti gatal di area selangkangan atau iritasi.

“Namun, jangan pula memilih keluar tanpa pakaian dalam sama sekali. Anda harus berhati-hati jika hendak menutup ritsleting Anda,” pungkas Rena Malik.

Baca juga: Lelaki dengan Celana Dalam Boxer Punya Sperma Lebih Banyak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.