Kompas.com - 19/10/2021, 17:11 WIB
Melihat dengan tatapan kosong ke arah tembok adalah salah satu perilaku kucing yang unik. Ada yang memercayai bahwa kucing melakukannya saat melihat hantu. Tapi, ternyata ada alasan ilmiah di balik perilaku ini. PEXELS/ Meruyert Gonullu Melihat dengan tatapan kosong ke arah tembok adalah salah satu perilaku kucing yang unik. Ada yang memercayai bahwa kucing melakukannya saat melihat hantu. Tapi, ternyata ada alasan ilmiah di balik perilaku ini.

KOMPAS.com – Kucing memang memiliki beberapa kebiasaan unik, misalnya saja naik ke tempat tinggi, berguling-guling, menjilati plastik, tidur dengan posisi yang terlihat tidak nyaman, hingga menatap kosong ke arah tembok.

Mungkin, beberapa orang akan mengatakan, kucing melakukan hal itu karena melihat hantu. Anggapan ini bisa membuat sebagian pemilik hewan merasa takut -tentu saja.

Baca juga: Mengapa Kucing Sangat Suka Mengejar Mainan Laser?

Namun ternyata, ada sejumlah alasan ilmiah di balik perilaku tersebut. Coba simak penjelasan di bawah ini. 

  • Melihat sesuatu

Kucing memiliki indera pengelihatan yang tajam.

Meski tidak dapat melihat banyak warna seperti manusia, kucing memiliki lebih banyak sel batang dan dapat melihat dengan sangat baik dalam cahaya rendah.

Selain itu, kucing juga memiliki bidang pandang yang lebih luas daripada manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan faktanya, pengelihatan kucing bisa mencapai 200 derajat, sementara kita hanya 180 derajat saja.

Jadi, meski kita mengira kucing tidak menatap apa pun, bisa saja kucing tengah mengamati serangga atau bayangan di dinding.

Kucing juga memiliki ingatan episodik, sejenis memori jangka panjang khusus yang memungkinkan kucing mengingat peristiwa, situasi, dan pengalaman tertentu.

Artinya, kucing dapat mengingat pantulan matahari yang menari di bagian tertentu dari dinding tertentu pada waktu tertentu pula.

Baca juga: Kunci Mengajari Kucing agar Nurut

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.