Kompas.com - 20/10/2021, 16:59 WIB
Mandi air panas membuat suhu tubuh kita meningkat, berkeringat, dan mengalami peningkatan detak jantung.

Ini adalah respons fisik yang mirip seperti ketika seseorang berolahraga. SHUTTERSTOCK/NITIS.SMandi air panas membuat suhu tubuh kita meningkat, berkeringat, dan mengalami peningkatan detak jantung. Ini adalah respons fisik yang mirip seperti ketika seseorang berolahraga.

KOMPAS.com - Mandi air panas membuat suhu tubuh kita meningkat, berkeringat, dan mengalami peningkatan detak jantung.

Ini adalah respons fisik yang mirip seperti ketika seseorang berolahraga.

Memiliki respons yang sama, apakah manfaat mandi air panas juga sama dengan berolahraga?

Dalam Journal of Applied Physiology yang dipublikasikan pada Desember 2020, para peneliti mendapati bahwa mandi air panas secara teratur memberikan banyak manfaat kesehatan yang sama dengan olahraga intensitas sedang.

Sebuah studi kecil dalam ulasan tersebut pernah membandingkan aktivitas bersepeda selama dua bulan, atau tiga kali seminggu selama 30 menit, dengan mandi air panas dalam jumlah waktu yang sama.

Hasilnya, kedua aktivitas menghasilkan peningkatan kebugaran kardiorespirasi dan kesehatan pembuluh darah yang sama pada pria dewasa muda yang tidak banyak bergerak.

Baca juga: Bolehkah Mandi Saat Demam?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat mandi air panas

Meski berdasarkan studi tersebut mandi air panas dan aktivitas olahraga menghasilkan peningkatan kebugaran respirasi dan kesehatan pembuluh darah, apakah aktivitas olahraga bisa digantikan hanya dengan mandi air panas?

Ahli jantung olahraga John Higgins, MD dari McGovern Medical School di UTHealth di Houston, menyebutkan lima manfaat mandi air panas yang dapat dirasakan tubuh:

1. Mandi air panas meningkatkan aliran dan tekanan darah

Berolahraga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Namun, sebuah penelitian ternyata mendapati hasil yang sama dari mandi air panas.FREEPIK/SENIVPETRO Berolahraga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Namun, sebuah penelitian ternyata mendapati hasil yang sama dari mandi air panas.
Berolahraga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

Namun, sebuah penelitian ternyata mendapati hasil yang sama dari mandi air panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.