Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 19:14 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, banyak perempuan di Indonesia yang menganggap bahwa standar kecantikan tidak lagi diukur melalui penampilan fisik saja, seperti kulit putih atau rambut panjang.

Lebih dari sekedar penampilan fisik, memiliki tubuh yang lebih sehat, bahagia, percaya diri, dan berpikiran positif juga membuat mereka menjadi individu yang cantik.

Definisi cantik yang lebih beragam ini terlihat dari survei ZAP Beauty Index 2021 yang dirilis oleh ZAP Clinic dan MarkPlus Inc.

Survei mengungkapkan bahwa mayoritas perempuan Indonesia mendefinisikan cantik berarti memiliki tubuh yang sehat dan bugar, memiliki wajah yang bersih dan mulus, serta percaya diri.

Sebanyak 56 persen responden menilai cantik adalah ketika mereka merasa bahagia dan 48,9 persen responden menilai cantik adalah jika perempuan mampu berpikir positif.

Bahkan, saat ini perempuan Indonesia juga tidak lagi menganggap makeup penting untuk mempercantik diri.

Pada survei 2019, sebanyak 18,6 persen perempuan merasa cantik ketika menggunakan makeup. Namun, pada survei tahun ini, hanya 8,7 persen responden yang masih mengandalkan makeup untuk mempercantik diri mereka.

"Jumlah perempuan Indonesia yang menganggap makeup penting menurun 50 persen. Bahkan, untuk wanita di atas 56 tahun, makeup dianggap sudah tidak penting lagi."

Demikian penuturan Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus, Rhesa Prabowo saat memaparkan hasil survei ZAP Beauty Index 2021 secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Apa Saja Tren 2022 Pada Industri Kecantikan di Indonesia?

Kesehatan mental dan kecantikan

Kecantikan juga berarti mental yang sehat. Kesehatan mental ini meliputi kesehatan psikologis dan emosional karena akan sangat memengaruhi perempuan dalam berpikir dan mengambil keputusan.SHUTTERSTOCK Kecantikan juga berarti mental yang sehat. Kesehatan mental ini meliputi kesehatan psikologis dan emosional karena akan sangat memengaruhi perempuan dalam berpikir dan mengambil keputusan.
Beberapa kegiatan juga membuat perempuan menjadi lebih percaya diri dan cantik, seperti makan sehat dan seimbang, olahraga, pergi ke salon, berbelanja, dan menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Ketenangan pikiran dengan melakukan meditasi juga menjadi pilihan para perempuan untuk mempercantik diri. Sebanyak 18,8 persen responden perempuan memilih meditasi untuk merasa cantik dan percaya diri.

Hal ini sejalan dengan pola pikir perempuan Indonesia yang menilai kecantikan dari dalam tidak kalah pentingnya dengan kecantikan fisik.

Selain itu, kecantikan juga berarti mental yang sehat. Kesehatan mental ini meliputi kesehatan psikologis dan emosional karena akan sangat memengaruhi perempuan dalam berpikir dan mengambil keputusan.

Survei juga menyebutkan bahwa 83,6 persen perempuan dari gen Z menilai kesehatan mental penting bagi mereka.

Sementara, 80,5 persen perempuan dari kelompok gen Y, serta 80,3 persen perempuan dari gen X juga merasa kesehatan mental tidak kalah penting dalam membuat wanita merasa lebih cantik.

Kesehatan mental yang baik juga mendorong perempuan Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com