Kompas.com - 21/10/2021, 10:20 WIB
Alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan lain bisa saja karena merasa bosan, menemukan tetesan makanan, atau bisa masalah kesehatan serius. Unsplash/Abeer ZakiAlasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan lain bisa saja karena merasa bosan, menemukan tetesan makanan, atau bisa masalah kesehatan serius.

KOMPAS.com - Sebagian dari kita mungkin menyadari beberapa kucing suka menjilati lantai, karpet, atau permukaan lain yang ditemuinya. Meski mungkin tidak sering dilakukan, namun perilaku ini cukup mengundang tanda tanya.

Alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan lain bisa saja karena merasa bosan, menemukan tetesan makanan, atau bisa masalah kesehatan serius.

Baca juga: 10 Arti Gerakan Ekor Kucing, Cat Lovers Wajib Tahu

Alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan

Menurut animalpath.org, alasan kucing suka menjilati lantai yang paling umum adalah karena hewan berbulu ini mencium adanya tetesan makanan atau minuman.

Kucing punya indera penciuman yang sensitif dan bisa mendeteksi bau makanan, sekalipun sudah dilap atau dibersihkan.

Selain itu, mungkin juga kucing suka dengan bau produk pembersih yang digunakan di lantai atau permukaan lainnya.

Selain dua hal tersebut, ada beberapa alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan yang perlu kita ketahui:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Perilaku alami kucing untuk bereksplorasi

Kucing secara alami sangat senang mengeksplorasi hal di sekitarnya. Itulah mengapa kita kerap melihat perilaku unik, termasuk kucing menjilati lantai dan permukaan lainnya.PIXABAY/IRENE857 Kucing secara alami sangat senang mengeksplorasi hal di sekitarnya. Itulah mengapa kita kerap melihat perilaku unik, termasuk kucing menjilati lantai dan permukaan lainnya.

Kita sering mendengar adagium "curiosity kills the cat (rasa ingin tahu membunuh kucing)". Hal itu tak sepenuhnya salah.

Kucing secara alami sangat senang mengeksplorasi hal di sekitarnya. Itulah mengapa kita kerap melihat perilaku unik, seperti kucing berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya, masuk ke kolong meja, atau kucing menjilati lantai, karpet, dan permukaan lain yang membuatnya tertarik.

Meski belum tentu menemukan tetesan makanan, mungkin saja kucing menyukai tekstur dan rasa dari lantai yang dijilatnya.

Baca juga: Mengapa Kucing Sangat Suka Mengejar Mainan Laser?

2. Kucing kekurangan nutrisi

Alasan kucing suka menjilat lantai atau permukaan lainnya juga mungkin karena kurang nutrisi, seperti vitamin dan mineral, dari makanan.UNSPLASH/VIVEK DOSHI Alasan kucing suka menjilat lantai atau permukaan lainnya juga mungkin karena kurang nutrisi, seperti vitamin dan mineral, dari makanan.
Alasan kucing suka menjilat lantai atau permukaan lainnya juga mungkin karena kurang nutrisi, seperti vitamin dan mineral, dari makanan.

Halaman:


Sumber AnimalPath
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.