Kompas.com - 22/10/2021, 11:03 WIB
Aktor asal Korea Selatan Kim Seon Ho SoompiAktor asal Korea Selatan Kim Seon Ho

KOMPAS.com - Kim Seon Ho langsung menjadi sasaran cancel culture oleh publik Korea Selatan pasca terjerat skandal aborsi dan gaslighting.

Aktor yang baru saja membintangi Hometown-Cha-Cha ini dihujani kritikan dan boikot oleh para penggemarnya. Wajahnya dihapus dari sejumlah konten brand yang dibintanginya di berbagai media, termasuk Instagram dan You Tube.

Pria berusia 33 tahun ini juga kehilangan sejumlah kontrak kerja untuk sejumlah film dan acara mendatang. Ia juga terpaksa mengundurkan diri sebagai member tetap acara 2 Days & 1 Night Season 4 yang cukup populer di negeri ginseng.

Nasibnya tergolong tragis karena popularitas Kim Seon Ho tengah menanjak. Dengan kemampuan aktingnya, ia diprediksi bisa menjadi salah satu bintang top di Korea Selatan andai tak terjegal perilaku tidak terpujinya.

Meski demikian, Kim Seon Ho sebenarnya bukan satu-satunya pesohor yang bernasib demikian. Ada banyak bintang Korea lainnya yang mengalami hal serupa, jadi sasaran cancel culture karena perilakunya dianggap tidak terpuji.

Baca juga: Tak Cuma Kim Seon-Ho, Ada Sederet Bintang Korea yang Terjerat Skandal

Publik Korea gampang memboikot idolanya

Pesohor di Korea Selatan agaknya memiliki beban yang lebih besar daripada artis Hollywood atau bahkan di Indonesia. Selain bakat yang luar biasa, mereka diharuskan berperilaku baik sesuai ekspektasi penggemarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggemar di Korea mendukung dan memuja idolanya begitu besar sehingga hal menyimpang apapun memantik reaksi yang amat besar.

Kim Seon Ho dinilai tidak semanis karakter Hong Du Shik atau Han Ji Pyong yang dimainkannya. Sementara itu, Jisoo terjerat skandal karena bullying di masa sekolah sedangkan Yunho TVXQ dikecam karena tidak mematuhi aturan Covid-19.

Jika tidak sesuai maka kariernya mereka bisa hancur seketika dan sulit untuk kembali ke panggung hiburan. Konsekuensi yang dihadapi jelas jauh lebih besar dibandingkan artis Indonesia atau negara barat.

Mengapa publik Korea mudah memboikot idolanya?

Baca juga: 5 Drama Korea yang Cocok Ditonton Penggemar Hometown Cha-Cha-Cha

Serial drakor Hometown Cha-Cha-Cha dapat disaksikan di Netflix.IMDb Serial drakor Hometown Cha-Cha-Cha dapat disaksikan di Netflix.

Halaman:


Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.