Kompas.com - 22/10/2021, 20:11 WIB
Gejala Penyakit Menular Seksual termasuk gatal dan sensasi terbakar di area genital. FREEPIK/JCOMPGejala Penyakit Menular Seksual termasuk gatal dan sensasi terbakar di area genital.


KOMPAS.com - Sexually Transmitted Diseases atau Penyakit Menular Seksual adalah kondisi serius yang dapat berkembang pada individu yang melakukan hubungan intim tanpa pengaman.

Gejala Penyakit Menular Seksual termasuk gatal dan sensasi terbakar di area genital.

Menurut Cleveland Clinic, beberapa jenis Penyakit Menular Seksual termasuk herpes genital, HIV/AIDS, klamidia, sifilis, gonore atau kencing nanah, vaginitis, dan lainnya.

Sayangnya, Penyakit Menular Seksual tak selalu menunjukkan gejala, sehingga seseorang bisa saja sudah terkena dan tidak mengetahuinya.

Penyakit Menular Seksual dapat diobati menggunakan obat dan beberapa kasus dapat sembuh sepenuhnya.

Baca juga: Remaja Rentan Tertular HIV/AIDS, Ini yang Perlu Diketahui!

Apa itu Penyakit Menular Seksual (PMS)?

Penyakit Menular Seksual adalah infeksi yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui aktivitas seksual vaginal, oral, dan anal.PEXELS/RON LACH Penyakit Menular Seksual adalah infeksi yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui aktivitas seksual vaginal, oral, dan anal.
Penyakit Menular Seksual adalah infeksi yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui aktivitas seksual vaginal, oral, dan anal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Mayo Clinic, bakteri, virus atau parasit yang menyebabkan Penyakit Menular Seksual dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui darah, air mani, atau vagina, serta cairan tubuh lainnya.

Namun, terkadang infeksi ini dapat ditularkan secara nonseksual, seperti dari ibu ke bayinya selama kehamilan atau persalinan, atau melalui transfusi darah atau jarum suntik bersama.

Baca juga: Mengenal Gejala Gonore, Kompllikasi, dan Pengobatannya

Gejala Penyakit Menular Seksual

Seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala Penyakit Menular Seksual. Jadi, penting untuk melakukan tes secara teratur, terutama bagi individu yang aktif secara seksual.UNSPLASH/ROMINA FARIAS Seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala Penyakit Menular Seksual. Jadi, penting untuk melakukan tes secara teratur, terutama bagi individu yang aktif secara seksual.
Seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala Penyakit Menular Seksual. Jadi, penting untuk melakukan tes secara teratur, terutama bagi individu yang aktif secara seksual.

Sebab, seseorang bisa saja menularkan Penyakit Menular Seksual tanpa menyadarinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.