Mungkinkah Tertular Penyakit Menular Seksual dari Toilet Umum?

Kompas.com - 14/10/2019, 22:02 WIB
Ilustrasi toilet. ThinkstockIlustrasi toilet.

KOMPAS.com - Banyak orang yang merasa tak nyaman saat harus pergi ke toilet umum, terutama para perempuan. Harus duduk di toilet yang telah digunakan banyak orang membuat khawatir terpapar berbagai kuman dan tertular penyakit.

Dr. Preethi Daniel dari National Health Service (NHS), Inggris mengatakan tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

“Banyak orang bertanya kemungkinan tertular penyakit menular seksual dari toilet umum, jawabannya adalah untuk tertular penyakit tersebut, kuman harus ditransfer langsung dari kursi toilet ke organ genital atau melalui luka terbuka, misalnya ketika ada luka di bagian bokong,” jelas Daniel.

Preethi melanjutkan, bahwa penyakit yang mungkin kamu dapatkan dari duduk di kursi toilet umum adalah E-coli atau Salmonella.

Baca juga: Tak Perlu Jongkok di Toilet Umum untuk Menghindari Bakteri

Meski demikian, ia menyarankan untuk duduk dengan tenang dan menyelesaikan buang air dengan baik dan tidak terburu-buru.

"Ketika kamu berusaha menghindari dudukan toilet dengan berjongkok atau berusaha duduk tanpa menempelkan bokong dan terburu-buru keluar dari bilik toilet, itu justru berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih,” ujarnya.

"Dengan tidak mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, terburu-buru menyelesaikan, dan bahkan berusaha berjongkok di dudukan toilet, kamu justru mengekspos tubuh pada bakteri yang berpotensi berbahaya," lanjutnya.

Dia menambahkan, satu-satunya saran darinya untuk mencegah penyakit saat keluar dari toilet umum adalah mencuci tangan dengan seksama dan menggunakan pembersih tangan.

Baca juga: Demi Kesehatan, Jangan Siram Toilet Tanpa Menutupnya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber her.ie
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X