Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2021, 19:47 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Serial drama Korea "Squid Game" terus mendulang popularitas secara global sejak penayangan perdananya di jaringan Netflix pada 17 September 2021.

Hal ini sampai membuat banyak sekolah di Amerika Serikat dan Eropa semakin mengkhawatirkan adegan kekerasan yang secara eksplisit muncul di dalam serial tersebut.

Bahkan, banyak sekolah di dunia yang telah melarang penggunaan berbagai macam kostum yang berhubungan dengan Squid Game.

Menurut The Times, sekolah dasar Castle Park di Dublin, Irlandia telah secara resmi melarang siswanya berdandan sebagai karakter apa pun yang tampak mirip dengan karakter di serial tersebut.

Baca juga: Anak Ingin Nonton Squid Game? Simak Saran Pakar Kesehatan Mental

Pihak sekolah memberi tahu para orangtua bahwa serial itu sama sekali tidak cocok untuk ditonton oleh siswa yang lebih muda.

Terlebih, pihak sekolah juga mendapatkan laporan terkait peningkatan siswa yang meniru permainan dan perilaku kekerasan di taman bermain.

Di sekolah lain di Madrid, Spanyol, para guru mengimbau orangtua untuk memberikan bimbingan khusus saat anak-anak menonton film atau serial.

Mereka juga mengatakan, siswa di bawah usia 16 tahun tidak boleh terpapar segala jenis kekerasan yang terlihat di Squid Game.

Bahkan, tiga sekolah dasar terpisah di Negara Bagian New York, AS juga telah mengeluarkan larangan pemakaian kostum Squid Game.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke orangtua, Kepala Sekolah di Mott Road, Enders Road, dan Sekolah Dasar Fayetteville mengatakan, kostum tersebut tidak memenuhi pedoman kostum sekolah.

Alasannya, karena kostum semacam itu berpotensi memberikan pesan yang memicu kekerasan.

Baca juga: Kiat Nonton Squid Game bagi yang Tak Suka Konten Kekerasan

"Kostum harus mengikuti pedoman sekolah karena tidak ada barang yang dapat ditafsirkan sebagai senjata yang harus dibawa ke sekolah."

"Termasuk di dalamnya pedang mainan, senjata api, lightsaber, dan lainnya," tulis surat itu.

Sementara itu, menurut laporan CNN, kostum Squid Game saat ini sedang banyak dicari untuk perayaan Halloween.

Dan, beberapa sekolah lain sepertinya masih akan bertindak dengan mengeluarkan larangan pemakaian kostum itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com