Kompas.com - 27/10/2021, 10:59 WIB
Ilustrasi liburan ShutterstockIlustrasi liburan

KOMPAS.comHarga diri yang tinggi adalah cara berpikir yang memungkinkan kita untuk menghargai, memercayai, dan menghormati diri kita.

Bukan berarti kita berpandangan diri kita sempurna, melainkan rata-rata orang dengan harga diri tinggi akan menyadari beberapa kekurangan yang dimiliki.

Hal ini memungkinkan kita untuk menerima pasang surut dalam hidup karena kita menghargai dan menghormati diri kita.

Dengan memiliki harga diri yang tinggi, kita akan memahami segala sesuatu tidak selalu tentang kita, tidak merasa sakit hati, dan tidak terlalu reaktif.

Baca juga: Memiliki Harga Diri yang Tinggi Penting, Kenapa?

Harga diri tinggi vs kesombongan

Harga diri yang terlalu tinggi tidaklah baik, sama seperti harga diri yang rendah. Namun, bedakan antara harga diri tinggi yang sehat dan kesombongan.

Harga diri tinggi bukanlah menjadi egois, menganggap diri kita sempurna, atau lebih baik dari orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, arogansi adalah ketika harga diri seseorang menyimpang dari kenyataan dan mendominasi hidup mereka. Namun, jenis konsep diri narsistik ini tidak selalu merupakan perkembangan dari harga diri yang positif.

Penelitian menunjukkan, keyakinan diri yang tinggi seringkali adalah upaya kita untuk menutupi citra diri yang buruk, perasaan malu, dan kemarahan.

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik juga lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan, perasaan tidak berdaya, dan memiliki hubungan pribadi yang tidak stabil.

Baca juga: 5 Tanda Self-esteem yang Tinggi pada Anak

Pentingnya harga diri tinggi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.