Kompas.com - 27/10/2021, 14:51 WIB
Ilustrasi minyak goreng. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi minyak goreng.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Membuang minyak goreng bekas adalah masalah utama yang sering kali kita alami setelah memasak makanan dengan cara menggoreng.

Seperti yang kita tahu, minyak goreng tidak boleh dibuang sembarangan, misalnya ke wastafel, karena dapat menyumbat pipa saluran pembuangan.

Saat minyak panas mulai mendingin, minyak akan mengeras dan menempel di dinding bagian dalam pipa, yang menyebabkan minyak menumpuk kemudian menyumbat saluran pembuangan.

Cara aman membuangnya

Sebelum membuang minyak goreng bekas, pastikan kita membiarkan minyak menjadi dingin terlebih dahulu setelah memasak.

Setelah benar-benar dingin, gunakan corong dan tuangkan minyak ke dalam kaleng logam atau wadah plastik dan kencangkan tutupnya, lalu masukkan wadah ke tempat sampah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan minyak berada dalam suhu kamar sebelum menuangkannya ke dalam wadah plastik. Jika tidak, sisa panas dari minyak akan melelehkan wadah.

Selain membuangnya, kita bisa juga menghubungi pusat daur ulang setempat dan tanyakan apakah mereka menerima minyak goreng bekas.

Baca juga: Bahaya Memasak dengan Minyak Goreng Berulang

Menyimpan dan menggunakannya kembali

Apabila kita ingin menyimpan minyak goreng bekas untuk penggunaan lain, kita perlu menyaring sisa makanan yang tertinggal di dasar wajan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.