Kompas.com - 01/11/2021, 05:48 WIB
Penting untuk mengetahui cara mencuci muka yang benar sehingga kita bisa membersihkan secara maksimal kotoran, sel-sel kulit mati, dan sisa riasan wajah yang mungkin masih tersisa di kulit wajah dan menyumbat pori-pori. FREEPIK/PVPRODUCTIONSPenting untuk mengetahui cara mencuci muka yang benar sehingga kita bisa membersihkan secara maksimal kotoran, sel-sel kulit mati, dan sisa riasan wajah yang mungkin masih tersisa di kulit wajah dan menyumbat pori-pori.

KOMPAS.com - Mungkin tak banyak orang yang memikirkan bagaimana cara mencuci muka yang benar.

Sebab, mencuci muka adalah aktivitas sederhana. Kita hanya tinggal membasahi wajah, menggunakan sabun muka, kemudian membilasnya.

Padahal, penting untuk mengetahui cara mencuci muka yang benar sehingga kita bisa membersihkan secara maksimal kotoran, sel-sel kulit mati, dan sisa riasan wajah yang mungkin masih tersisa di kulit wajah dan menyumbat pori-pori.

Jika menggunakan sabun muka khusus, misalnya sabun cuci muka antijerawat, cara mencuci muka yang benar akan membantu mengatasi masalah kulit dengan lebih baik.

Direktur Kosmetik dan Riset Klinis Dermatologi dari Mount Sinai Hospital, New York, Joshua Zeichner, MD mengatakan kepada SELF, cara mencuci muka yang benar akan membantu mencegah beruntusan dan jerawat, meningkatkan kesehatan kulit muka, dan mengurangi peradangan kulit.

Baca juga: 3 Cara Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering dan Bermasalah

Cara mencuci muka yang benar

Mempraktikkan cara mencuci muka yang benar akan membantu kita mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Berikut cara mencuci muka yang benar dan dapat kita praktikkan:

1. Mengapus riasan

Jika sebelumnya menggunakan riasan wajah, pastikan menghapusnya terlebih dahulu sebelum mencuci muka.SHUTTERSTOCK/PROSTOCK-STUDIO Jika sebelumnya menggunakan riasan wajah, pastikan menghapusnya terlebih dahulu sebelum mencuci muka.
Jika sebelumnya menggunakan riasan, pastikan menghapusnya terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Gunakan produk seperti makeup remover yang lembut untuk menghapus riasan, terutama sebelum tidur.

Menurut Healthline, sisa riasan yang tidak terangkat dengan maksimal dapat menyumbat pori-pori kulit semalaman penuh dan memicu berkembangnya masalah kulit, seperti beruntusan dan jerawat.

Baca juga: Apa Itu Micellar Water dan Haruskah Menggunakannya?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.