Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Mencuci Muka yang Benar, Jangan Sampai Salah

Sebab, mencuci muka adalah aktivitas sederhana. Kita hanya tinggal membasahi wajah, menggunakan sabun muka, kemudian membilasnya.

Padahal, penting untuk mengetahui cara mencuci muka yang benar sehingga kita bisa membersihkan secara maksimal kotoran, sel-sel kulit mati, dan sisa riasan wajah yang mungkin masih tersisa di kulit wajah dan menyumbat pori-pori.

Jika menggunakan sabun muka khusus, misalnya sabun cuci muka antijerawat, cara mencuci muka yang benar akan membantu mengatasi masalah kulit dengan lebih baik.

Direktur Kosmetik dan Riset Klinis Dermatologi dari Mount Sinai Hospital, New York, Joshua Zeichner, MD mengatakan kepada SELF, cara mencuci muka yang benar akan membantu mencegah beruntusan dan jerawat, meningkatkan kesehatan kulit muka, dan mengurangi peradangan kulit.

Cara mencuci muka yang benar

Mempraktikkan cara mencuci muka yang benar akan membantu kita mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Berikut cara mencuci muka yang benar dan dapat kita praktikkan:

Gunakan produk seperti makeup remover yang lembut untuk menghapus riasan, terutama sebelum tidur.

Menurut Healthline, sisa riasan yang tidak terangkat dengan maksimal dapat menyumbat pori-pori kulit semalaman penuh dan memicu berkembangnya masalah kulit, seperti beruntusan dan jerawat.

Selain itu, American Academy of Dermatology (AAD) menganjurkan untuk memilih sabun muka yang lembut dan non-abrasif, yang tidak mengandung alkohol.

Jangan gunakan sabun batang untuk mencuci muka.

Sabun batang dapat mengubah keseimbangan pH kulit, yang memungkinkan lebih banyak bakteri dan pertumbuhan ragi.

Hindari menggosok kulit wajah karena juga akan mengiritasi kulit.

Menggunakan air panas atau hangat mungkin terasa nyaman di wajah. Namun, suhu ekstrem berpotensi menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kerusakan jaringan halus.

Selain itu, air panas secara alami akan mengelupas kulit dari penghalang minyak yang diperlukan yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Artinya, kulit dapat mengering lebih cepat dan mungkin akan terasa gatal atau bersisik seiring waktu.

Hal ini terutama menjadi masalah bagi orang-orang dengan kulit kering atau sensitif.

Di samping itu, air panas juga bisa menjadi pemicu rosacea, kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan benjolan seperti jerawat.

Jangan sampai menggunakannya terlalu banyak. Selain boros, menggunakan sabun muka terlalu banyak juga tidak memberikan hasil lebih sehingga menjadi sia-sia.

Cuci muka dilakukan di pagi hari dan malam hari.

Selain setelah berolahraga, beberapa kondisi juga menyebabkan kita berkeringat, seperti setelah berkendara dan menggunakan helm.

Hindari membiarkan muka kering dengan diangin-angin. Membiarkan air menetes dari wajah tidak akan menghidrasinya karena air akan menguap dan malah akan membuat muka menjadi kering.

Berhati-hatilah ketika mengaplikasikan krim pelembap di area mata. Hindari menarik-narik area kulit halus ini terlalu kencang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/01/054800920/8-cara-mencuci-muka-yang-benar-jangan-sampai-salah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke