Kompas.com - 14/11/2021, 19:51 WIB

KOMPAS.com – Makin hari rasanya semakin banyak saja kandungan skincare yang diklaim sebagai “kandungan terbaik untuk kulit”. Sebut saja retinol, asam salisilat, hyaluronic acid, atau pun alpha hydroxy acids (AHA).

Bertambah lagi satu lagi kandungan skincare yang sedang ramai diperbincangkan karena manfaatnya, yaitu polyglutamic acid (PGA).

Bisa dikatakan, PGA adalah kandungan produk perawatan kulit yang cukup menarik. Pasalnya, PGA adalah peptida yang berasal dari bakteri bacillus dalam natto atau sejenis kedelai fermentasi asal Jepang.

"Ini (PGA) dibuat ketika beberapa asam glutamat terhubung bersama. PGA dapat diekstraksi dari kedelai atau disintesis di laboratorium,” kata dokter kulit Seemal R. Desai.

Baca juga: Apa Beda Krim Pelembap Harga Jutaan dengan yang Murah?

Lantas, apa manfaat yang membuuat kandungan ini populer?

Rupanya, PGA sangat cocok digunakan saat cuaca dan perubahan musim membuat kulit menjadi  kering. Jika tinggal di negara dengan musim dingin, penggunaan PGA pun bisa dipertimbangkan.

“Ini memang hidrator yang sangat kuat,” kata dokter kulit Pearl E. Grimes.

Ia menambahkan, menurut laporan, PGA dapat menyerap kelembapan 4.000 hingga 5.000 kali beratnya sendiri, lebih banyak jika dibandingkan dengan asam hialuronat yang biasanya menyerap hingga 1.000 kali beratnya sendiri.

"Ada beberapa penelitian dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukkan kemanjurannya dalam melembapkan dan menghidrasi kulit. Bahkan, PGA dapat mempercepat proses penyembuhan kulit,” tambahnya.

Baca juga: Hyaluronic Acid, Senyawa Ampuh untuk Tampil Awet Muda

Dipakai untuk penyembuhan luka

Sebenarnya, polyglutamic acid telah digunakan untuk merawat kulit selama bertahun-tahun karena merupakan salah satu obat penyembuh luka tradisional.

“Tetapi, baru-baru ini popularitasnya sebagai bahan perawatan kulit meningkat," kata dokter kulit Heather Woolery-Lloyd kepada HuffPost.

Kemampuan utama PGA adalah membantu menarik dan menjaga kelembapan serta hidrasi di kulit. Secara tidak langsung hal ini dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan mengganti kelembapan di dalam sel.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.