Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2021, 10:59 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Lemak perut atau yang juga dikenal sebagai lemak visceral merupakan penyebab perut buncit yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Jenis lemak ini terletak jauh di dalam perut dan di bawah otot, yang sering kali bersarang di sekitar organ vital seperti usus, hati, serta pankreas.

Bahkan, lemak visceral mampu melepaskan zat beracun yang meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker, masalah jantung, dan diabetes.

Untuk memperbaiki penampilan dan tetap menjaga kesehatan, kita bisa menghilangkan lemak visceral sehingga perut menjadi lebih rata dengan enam cara yang paling efektif, seperti berikut ini.

1. Kurangi stres

Perasaan stres kronis menyebabkan otak memproduksi lebih banyak kortisol yang dapat menyebabkan keinginan mengonsumsi makanan tinggi lemak dan manis secara berlebihan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Annals of the New York Academy of Sciences mengungkapkan bahwa kombinasi antara stres dan pola makan yang buruk merupakan penyebab munculnya lemak perut.

Oleh sebab itu, untuk mencegah keinginan makan yang kurang sehat dan menimbulkan lemak perut, kita sebaiknya mengurangi stres dengan berbagai cara yang kita bisa.

Baca juga: 7 Faktor Utama Penyebab Lemak di Perut Bertambah

2. Menurunkan berat badan

Mungkin cara termudah untuk mengurangi lemak visceral adalah dengan menurunkan berat badan.

"Penurunan berat badan saja secara efektif dapat mengurangi lemak visceral," kata spesialis pengobatan obesitas di Cleveland Clinic, W. Scott Butsch, MD.

"Dengan kehilangan 10 persen dari berat badan, kita mungkin kehilangan hingga 30 persen dari lemak tubuh tubuh, khususnya, lemak di perut," sambung dia.

3. Berolahraga

Mengubah diet saja tidak akan mengurangi lemak perut, dan olahraga berperan penting dalam hal itu.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, olahraga mengurangi lemak visceral, bahkan jika kita tidak menurunkan berat badan.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com