Kompas.com - 16/11/2021, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang di dunia untuk bekerja secara remote dengan sistem Work From Home (WFH).

Sistem ini memaksimalkan penggunaan teknologi dan internet untuk bekerja termasuk melakukan rapat dan berbagai pekerjaan lainnya. Hal ini membuat sejumlah orang merasa pekerjaannya lebih efisien dan nyaman.

Tak perlu bermacet-macet untuk berangkat ke kantor atau meluangkan waktu lebih berdandan sebelum pergi bekerja.

Ketika WFH, kita bisa membagi fokus untuk melakukan banyak hal di rumah termasuk memasak dan mendampingi anak bermain.

Tak heran, wacana untuk menerapkan Work From Office (WFO) membuat banyak orang cemas. Banyak yang tak ingin kehilangan kenyamanan bekerja secara remote ketika harus kembali ke kantor.

Baca juga: Cemas dan Tak Ingin Kembali ke Kantor Setelah WFH? Itu Normal

Cara menyiapkan mental sebelum kembali ke kantor

Debra Kaplan, terapis mental yang berbasis di Tucson, Arizona, AS mengatakan wacana WFO memang menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi banyak orang.

"Kembali ke kantor mungkin terasa seperti culture shocks," katanya.

Apalagi, jadwalnya masih belum pasti di banyak perusahaan dan industri. Sejumlah perusahaan terus menunda jadwal karyawannya kembali ke kantor karena pertimbangan kondisi pandemi dan program vaksinasi.

Kombinasi antara ketidapastian dan kekhawatiran akan kehilangan rasa nyaman WFH membuat banyak orang menjadi panik, kata Kaplan.

Untuk mengatasi kecemasan tersebut, ia menyarankan memastikan kembali rencana WFO di kantor kita. Cari tahu sebanyak mungkin detail yang dibutuhkan, termasuk jadwal, shift yang diberlakukan maupun syarat bagi pekerja.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.