Kompas.com - 18/11/2021, 09:00 WIB

 

KOMPAS.com - Masalah penanganan sampah di Indonesia merupakan persoalan pelik yang butuh kolaborasi dan peran semua pihak. Makin banyak pihak yang terlibat membantu melakukan aksi nyata, makin cepat solusi atas masalah lingkungan bisa dihadapi.

Diungkapkan oleh pendiri Waste4Change, Bijaksana Junerosano, kemampuan menggerakkan upaya kolektif dan memiliki tim yang efektif sangat penting untuk memberi dampak yang lebih luas.

"Tim yang efektif tidak hanya melibatkan banyak orang dengan berbagai talenta di dalam suatu organisasi, tetapi juga mencari berbagai talenta yang sejalan dengan visi yang sama, serta mau bergerak untuk mewujudkan visi dari gerakan atau organisasi bersama," kata Sano, sapaan akrab Bijaksana Junerosano.

Ia mengungkapkan hal tersebut dalam sesi mentoring Every U Does Good Heroes (16/11) yang dilakukan PT Unilever Indonesia untuk mendukung anak muda mewujudkan Indonesia yang lebih hijau dan lestari.

Baca juga: Cara Terbaik Mengurangi Sampah dari Kebiasaan Belanja Online

Sano mengatakan, dukungan kuat dari sekitar merupakan hal penting untuk bisa mencapai tujuan dalam membangun planet yang lebih hijau.

Head of Communications PT Unilever Indonesia Tbk Kristy Nelwan mengatakan, sesi dari Sano bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi para peserta.

"Peserta bisa belajar dari pengalaman beliau selama ini, sehingga harapannya gerakan-gerakan yang para peserta canangkan dapat didukung dengan faktor People Engagement yang mumpuni,” kata Kristy.

Pendiri Waste4Change, Bijaksana JunerosanoDok Unilever Pendiri Waste4Change, Bijaksana Junerosano

Di tengah tingginya tantangan permasalahan sampah khususnya sampah plastik, Sano telah lama bergerak memimpin gerakan-gerakan yang berorientasi pada pemecahan masalah tersebut, seperti Waste4Change dan Greeneration Foundation.

Saat ini, pengelolaan sampah yang dilakukan Waste4Change mencakup area Jabodetabek, Sidoarjo, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Medan.

Sebagai informasi, program Every U Does Good Heroes merupakan program mentoring yang menjadi bagian dari rangkaian kampanye Every U Does Good yang digelar oleh Unilever Indonesia Tbk. Peserta terdiri dari individu atau komunitas yang baru membuat atau yang sudah menjalankan sebuah gerakan perubahan.

Selama program mentoring, peserta akan mendapatkan pembekalan mulai dari hard skill yang harus dimiliki untuk menjalankan program berbasis kemasyarakatan hingga mindset untuk siap menghadapi tantangan yang akan dihadapi dalam mewujudkan purpose dan gerakannya.

Baca juga: Bagaimana Pola Makan Kita Bisa Mempengaruhi Lingkungan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.