Kompas.com - 04/11/2021, 16:57 WIB

KOMPAS.com - Isu soal permasalahan lingkungan hidup terus digencarkan dengan semakin meningkatnya pemanasan global yang terjadi di Bumi.

Planet yang kita diami saat ini dianggap semakin rusak dengan semakin tingginya kerusakan lingkungan yang terjadi. Penyebab utamanya ialah kadar gas rumah kaca yang berlebihan, industrialisasi besar-besaran, dan eksploitasi lingkungan.

Namun pelaku pemanasan global bukan hanya para industrialis atau kebijakan negara yang tidak ramah lingkungan. Tanpa disadari, kita juga bisa memberikan efek yang sama buruknya bagi bumi khususnya dengan pola makan yang kita terapkan.

Pola makan yang didominasi protein hewani, yang sekarang banyak dianut penduduk dunia, merupakan salah satu faktor utama penyebab pemanasan global.

Pasalnya industri bekerja keras menyediakan bahan pangan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar di seluruh dunia.

Baca juga: Pola Makan Vegan demi Kesehatan Diri dan Planet Bumi...

Produksi jenis pangan ini disebut membutuhkan lahan yang jauh lebih besar dengan emisi jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan protein nabati. Oleh alasan ini, pola makan berbasis nabati alias vegan dianggap baik, bukan hanya untuk kesehatan diri namun juga bumi.

Ocean Robbins, Co-Founder Food Revolution, organisasi nirlaba yang fokus pada pangan sehat, etis, dan berkelanjutan mengungkapkan pendapatnya soal besarnya pengaruh pola makan kita pada lingkungan.

Ia mengatakan setiap gigitan makanan dan uang yang kita belanjakan untuk bahan makanan bisa berdampak sangat besar.

"Anda memilih untuk kesehatan yang Anda inginkan dan untuk dunia yang Anda inginkan," jelasnya kepada Kompas.com.

Ketika memilih pola makan nabati yakni vegan, kita berkontribusi lebih baik untuk kesehatan diri. Selain itu, gaya hidup ini juga menciptakan dunia yang lebih baik dengan lebih banyak hutan hujan, lebih banyak lapisan tanah atas, lebih banyak air dan kondisi lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.