Kompas.com - 23/11/2021, 19:02 WIB
Serangan nyeri di kepala akibat migrain ternyata dapat diredakan dengan menjalani pola makan vegan. FREEPIK/JCOMPSerangan nyeri di kepala akibat migrain ternyata dapat diredakan dengan menjalani pola makan vegan.

KOMPAS.com - Bagi para penderita migrain, rasa sakit kepala yang luar biasa yang dirasakan mungkin dapat memengaruhi penurunan kualitas kesehatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab sakit migrain tidak sepenuhnya dapat dipahami dan diketahui dengan jelas.

Ketika kita merasa sakit kepala, itu bisa saja terjadi karena saraf tertentu di pembuluh darah mengirim sinyal rasa sakit ke otak, sehingga melepaskan zat inflamasi ke dalam saraf dan pembuluh darah kepala.

Baca juga: Lansia Vegan Lebih Sedikit Mengonsumsi Obat, Ini Alasannya

Namun, kabar baiknya, baru-baru ini sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Case Reports menemukan, khasiat pola makan vegan.

Ya, pola makan vegan ternyata dapat membantu meringankan sakit kepala yang melemahkan kondisi orang dengan migrain kronis.

Para peneliti melaporkan, seorang pria yang menderita migrain tanpa henti akhirnya dapat mengurangi rasa nyeri setelah menjadi vegan hanya dalam tiga bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi tersebut, para peneliti juga mencatat, penderita migrain dapat berhenti minum obat setelah delapan tahun melakukan perubahan pola makan ke vegan.

Banyak penderita migrain pun mulai sadar apabila makanan bisa pemicunya, baik itu cokelat, kafein, keju, dan kacang-kacangan.

Bahkan dalam beberapa kasus, makanan-makanan seperti itu bisa menyebabkan sakit kepala lain yang berlangsung antara 4-72 jam.

Nyeri migrain bisa meningkat

Migrain muncul sebagai insiden episodik (kurang dari 15 serangan sebulan) atau kronis (lebih dari 15 sakit kepala hari dalam sebulan).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.