Kompas.com - 24/10/2021, 14:57 WIB
Ilustrasi minum teh hijau untuk menguruskan badan freepik.com/ cookie_studioIlustrasi minum teh hijau untuk menguruskan badan

KOMPAS.com - Sakit kepala maupun migrain bisa menjadi keluhan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rasa tegang, kencang atau tertusuk-tusuk di bagian kepala ini bisa sangat menyakitkan dan membuat menderita. Minum obat sakit kepala saja terkadang tidak bisa menyembuhkannya seketika.

Pasalnya, sakit kepala maupun migrain bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari asupan makanan maupun stres. Di sisi lain, makanan atau minuman yang dikonsumsi bisa mengurangi intensitas atau tingkat keparahan penyakit ini.

“Makanan benar-benar obat pertama, ketika Anda mencoba untuk mengelola migrain, apa yang Anda makan dan kapan Anda makan dapat membuat semua perbedaan,” kata Wynne Brown, MD, direktur medis pengobatan integratif di Wake Forest Baptist Health di Winston-Salem, North Carolina, AS.

Mengubah pola makan, menurutnya, bisa menjadi langkah yang baik untuk mengurangi sakit kepala dan migrain. Asupan buah dan sayuran segar yang berbeda ke dalam makanan kita dapat menuai manfaat dalam hal kandungan air serta vitamin dan mineral.

Baca juga: Tips Redakan Sakit Kepala karena Perubahan Gaya Hidup Selama Pandemi

Makanan untuk mengurangi sakit kepala dan migrain

Pola makan yang sehat tentunya baik untuk menjaga kondisi tubuh, termasuk mengurangi risiko sakit kepala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Brown menambahkan, diet makanan sehat dapat meningkatkan ketidakseimbangan yang berkontribusi pada sakit kepala.

Ia menyarankan sejumlah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang yang kerap mengalami sakit kepala ataupun migrain yakni:

Pisang

Pisang terbukti dapat mencegah serangan migrain atau episode hipoglikemia, yang dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, buah yang mengenyangkan ini juga mengandung 74 persen air sehingga dapat mencegah dehidrasi.

"Pisang adalah makanan yang bagus untuk pemulihan energi yang cepat, dan mengandung magnesium yang tinggi, yang dapat membantu ketika orang mengalami sakit kepala," kata Brown.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Pisang, untuk Kulit hingga Kesehatan Jantung

Meskipun kerap dicap tinggi gula, semangka ternyata kaya nutrisi dan dapat dijadikan salah satu makanan sarapan untuk diet.UNSPLASH/SERENAY GULSEN Meskipun kerap dicap tinggi gula, semangka ternyata kaya nutrisi dan dapat dijadikan salah satu makanan sarapan untuk diet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.