Kompas.com - 30/11/2021, 13:16 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pergantian musim menjadi lebih dingin, sering hujan, bahkan mungkin bersalju di negara empat musim, sangat berpengaruh pada mood. 

Perubahan suasana hati karena cuacana itu dikenal sebagai Seasonal Affective Disorder (SAD). Kondisi tersebut juga bisa dialami anak-anak. 

Menurut Child Mind Institute, SAD adalah bentuk gangguan depresi yang hanya terjadi dalam bulan-bulan tertentu dalam setahun, khususnya di musim dingin.

Alasan mengapa ini terjadi bukan hanya karena suhu udara yang dingin dan anak-anak sedih karena tidak bisa bermain di luar, tetapi juga karena perubahan waktu yang menyertainya.

Sebab, di bulan-bulan musim dingin kita biasanya akan melihat hari-hari yang lebih pendek, yang berarti jumlah sinar matahari yang lebih pendek di siang hari.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Beda Depresi dan Kesedihan

Gejala-gejalanya

Gejala SAD biasanya akan muncul atau terlihat ketika anak-anak sudah memasuki masa remaja, namun jarang sekali seorang anak didiagnosis dengan SAD.

Menurut KidsHealth, gejala SAD sangat mirip dengan gejala depresi dan itu akan melibatkan perubahan suasana hati, pemikiran negatif, energi rendah, perubahan tidur, dan kurangnya kesenangan dalam aktivitas yang biasanya mereka nikmati.

Gejala SAD juga dapat terjadi karena adanya perubahan pola makan dan di sinilah kita mungkin melihat anak-anak beralih ke lebih banyak karbohidrat.

Di mana, mereka mencari makanan yang menenangkan, yang membuat mereka merasa nyaman di dalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.