Kompas.com - 02/12/2021, 10:18 WIB
Ilustrasi kentut Ilustrasi kentut

KOMPAS.com - Kentut atau buang gas di pagi hari adalah hal yang normal. Sebabnya, kentut dapat membuat perut terasa lega dan menghilangkan rasa kembung.

Kentut di pagi hari terjadi karena tubuh semalaman menyimpan semua gas yang terbentuk. Alhasil, ketika seseorang terbangun, perut memberikan tanda untuk mengeluarkan semua gas yang tersimpan.

Tetapi jika seseorang sering kentut dengan intensitas yang sering atau berlebihan di pagi hari, ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam usus.

Rajiv Sharma, MD, ahli gastroenterologi yang berbasis di Indiana dan penulis "Pursuit of Gut Happiness", menjelaskan 7 penyebab kentut paling umum di pagi hari. Lalu, apa sajakah itu?

Penyebab kentut

1. Makan makanan yang menghasilkan gas berlebih

Faktor pertama peyebab kentut di pagi hari adalah makanan. Misalnya saja, ketika seseorang makan semangkuk besar salad pada malam sebelumnya, hal itu dapat menyebabkan perut kembung dan kentut di pagi hari.

Ada sejumlah makanan pemicu gas yang perlu diketahui, seperti kacang-kacangan, polong-polongan, kembang kol, dan kubis.

Dr. Sharma mengatakan, makanan-makanan ini mengandung banyak serat dan FODMAP -karbohidrat rantai pendek yang ditemukan secara alami di banyak makanan.

Makanan tersebut difermentasi oleh mikroba usus sehingga menghasilkan CO2, metana, dan gas lain yang membuat pencernaan tidak nyaman.

Selain itu, makanan pedas juga bisa membuat seseorang kentut. Apalagi jika ia terlalu banyak makan, sehingga memicu motilitas usus, yang membuatnya mengeluarkan lebih banyak gas.

Agar kentut tetap nyaman dan melegakan di lagi hari, Dr. Sharma menyarankan agar seseorang membatasi makanan yang memicu gas, minum banyak air, dan makan makanan yang mengandung probiotik agar usus selalu sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Livestrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.