Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2021, 14:48 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sebagian orang mempertanyakan kenapa tangan sering berkeringat dan kondisi itu terjadi bahkan ketika mereka sedang tidak sehabis berolahraga.

Berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhu. Semua orang pernah berkeringat, tapi punya tangan yang sering berkeringat sangatlah tidak nyaman dan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Jika tangan Anda sering berkeringat atau keringat berlebih terjadi juga di bagian tubuh lain yang tidak disebabkan oleh suhu yang lebih tinggi, Anda mungkin mengalami palmar hiperhidrosis atau sweaty palms (telapak tangan berkeringat).

Menurut Verywell Health, meski disebut telapak tangan berkeringat, itu juga bisa berkaitan dengan keringat di area tubuh lain.

Telapak tangan sering berkeringat adalah bagian dari hiperhidrosis primer, suatu kondisi yang menyebabkan keringat berlebih di ekstremitas, ketiak, dan wajah.

Menurut Healthline, hiperhidrosis adalah kondisi yang ditandai dengan berkeringat tanpa alasan yang jelas.

Keringat tersebut bisa sampai membasahi pakaian dan mengganggu kehidupan sosial. Meski terdengar sepele, namun kondisi ini bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi dan pada akhirnya mengurangi kualitas hidup seseorang.

Baca juga: 4 Manfaat Keringat bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Gejala hiperhidrosis

Kenapa tangan sering berkeringat mungkin merupakan tanda kondisi hiperhidrosis.

Pada orang yang mengalami hiperhidrosis, keringat yang ada di telapak tangan terlihat tak terkendali. Telapak tangan menjadi lembap dan basah sehingga terasa tidak nyaman.Unsplash/Sindy Sussengut Kenapa tangan sering berkeringat mungkin merupakan tanda kondisi hiperhidrosis. Pada orang yang mengalami hiperhidrosis, keringat yang ada di telapak tangan terlihat tak terkendali. Telapak tangan menjadi lembap dan basah sehingga terasa tidak nyaman.

Kenapa tangan sering berkeringat mungkin merupakan tanda kondisi hiperhidrosis.

Pada orang yang mengalami hiperhidrosis, keringat yang ada di telapak tangan terlihat tak terkendali. Telapak tangan menjadi lembap dan basah sehingga terasa tidak nyaman.

Berkeringat tersebut terjadi tanpa pemicu, bukan karena faktor eksternal, seperti berolahraga atau peningkatan suhu tubuh. Tangan sering berkeringat juga bisa terjadi pada suhu berapa pun atau selama musim apa pun.

Selain di tangan, hiperhidrosis juga bisa terjadi di area tubuh lain, seperti ketiak (hiperhidrosis aksila), bokong, kaki (plantar hiperhidrosis), wajah (termasuk pipi dan dahi), punggung bawah, dan alat kelamin.

Menurut Cleveland Clinic, keringat berlebihan juga dapat menyebabkan gatal dan peradangan ketika berkeringat, iritasi di area terdampak, kulit bercampur dengan partikel keringat, adanya residu dari komhinasi keringat, bakteri, dan bahan kimia (deodoran) yang terlihat pada pakaian, hingga perubahan warna kulit, seperti menjadi pucat atau pudar.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Keringat dan Bau Badan

Kenapa tangan sering berkeringat?

Kenapa tangan sering berkeringat, kondisi ini terjadi karena kelenjar keringat yang terlalu aktif dan ada banyak alasan lainnya.Unsplash/Cat Han Kenapa tangan sering berkeringat, kondisi ini terjadi karena kelenjar keringat yang terlalu aktif dan ada banyak alasan lainnya.

Kenapa tangan sering berkeringat, kondisi ini terjadi karena kelenjar keringat yang terlalu aktif dan ada banyak alasan lainnya.

Telapak tangan berkeringat juga bisa disebabkan faktor keturunan dan bisa berkaitan dengan bentuk hidrosis lain atau kondisi kesehatan lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com