Kompas.com - 03/12/2021, 14:48 WIB

KOMPAS.com - Sebagian orang mempertanyakan kenapa tangan sering berkeringat dan kondisi itu terjadi bahkan ketika mereka sedang tidak sehabis berolahraga.

Berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhu. Semua orang pernah berkeringat, tapi punya tangan yang sering berkeringat sangatlah tidak nyaman dan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Jika tangan Anda sering berkeringat atau keringat berlebih terjadi juga di bagian tubuh lain yang tidak disebabkan oleh suhu yang lebih tinggi, Anda mungkin mengalami palmar hiperhidrosis atau sweaty palms (telapak tangan berkeringat).

Menurut Verywell Health, meski disebut telapak tangan berkeringat, itu juga bisa berkaitan dengan keringat di area tubuh lain.

Telapak tangan sering berkeringat adalah bagian dari hiperhidrosis primer, suatu kondisi yang menyebabkan keringat berlebih di ekstremitas, ketiak, dan wajah.

Menurut Healthline, hiperhidrosis adalah kondisi yang ditandai dengan berkeringat tanpa alasan yang jelas.

Keringat tersebut bisa sampai membasahi pakaian dan mengganggu kehidupan sosial. Meski terdengar sepele, namun kondisi ini bisa menjadi masalah yang membuat frustrasi dan pada akhirnya mengurangi kualitas hidup seseorang.

Baca juga: 4 Manfaat Keringat bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Gejala hiperhidrosis

Kenapa tangan sering berkeringat mungkin merupakan tanda kondisi hiperhidrosis.

Pada orang yang mengalami hiperhidrosis, keringat yang ada di telapak tangan terlihat tak terkendali. Telapak tangan menjadi lembap dan basah sehingga terasa tidak nyaman.Unsplash/Sindy Sussengut Kenapa tangan sering berkeringat mungkin merupakan tanda kondisi hiperhidrosis. Pada orang yang mengalami hiperhidrosis, keringat yang ada di telapak tangan terlihat tak terkendali. Telapak tangan menjadi lembap dan basah sehingga terasa tidak nyaman.

Kenapa tangan sering berkeringat mungkin merupakan tanda kondisi hiperhidrosis.

Pada orang yang mengalami hiperhidrosis, keringat yang ada di telapak tangan terlihat tak terkendali. Telapak tangan menjadi lembap dan basah sehingga terasa tidak nyaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.