Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 20:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengetahui bagaimana cara mengenal pasangan atau teman kencan yang berpotensi menjadi pasangan dengan lebih baik bisa dilakukan melalui obrolan ringan, dan memberikan pertanyaan untuk menyelam lebih dalam.

Meskipun mungkin terasa canggung atau tidak nyaman untuk mendiskusikan topik yang membuat kita merasa rentan dengan seseorang, mempelajari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu kita benar-benar mengenal pasangan.

Dan lebih dari itu, kita juga bisa menentukan kecocokan kita dengan pasangan, serta memahami bagaimana membuat hubungan kita bersamanya jadi lebih berkembang.

Baca juga: LV Trunk, Hadiah Senilai Rp 2,1 Miliar dari CR7 kepada Sang Kekasih

Nah, menurut pakar hubungan, berikut ini terdapat sejumlah pertanyaan yang bisa kita ajukan pada pasangan atau teman kencan kita untuk memperdalam hubungan, seperti yang dilansir dari laman Insider.

1. "Seperti apa komitmen menurutmu?"

Meskipun kita dan pasangan telah berkomitmen satu sama lain, mungkin ada keterputusan tentang apa yang kalian berdua maksudkan dengan itu.

"Begitu banyak orang menganggap mereka berbicara tentang hal yang sama, menganggap karena mereka berkencan atau hidup bersama itu berarti 'berkomitmen', di jalan menuju pertunangan, pernikahan, dan lain-lain," kata seorang terapis hubungan, Liz Jenkins, PhD, LMFT.

"Banyak yang gagal melihat atau mengabaikan tanda-tanda bahwa jalur hubungan sedang berjalan berbeda untuk pasangan mereka."

"Jadi, pastikan kita berada di halaman yang sama untuk memastikan kompatibilitas," ujar dia.

2. "Apa yang akan kita lakukan untuk menikmati hari, akhir pekan, atau malam yang sempurna bersama?"

"Menikmati aktivitas serupa dan memiliki minat yang sesuai adalah kunci untuk menikmati hubungan jangka panjang," terang Jenkins.

Meskipun kita tentu tidak perlu memiliki minat atau aktivitas favorit yang sama persis, tetapi kita harus memastikan pengalaman kita tidak hanya didominasi oleh minat kita atau pasangan saja.

Baca juga: Tak Melulu Berlutut, Begini Cara Kreatif Melamar Kekasih Saat Pandemi

3. "Apa impian yang ingin kamu wujudkan?"

Memahami impian pasangan dapat membantu kita lebih memahami apa yang paling dia hargai dalam hidup dan menentukan apakah nilai-nilai kita selaras atau tidak.

"Ketika pasangan menjadi rentan dan berbagi keinginan, impian, serta tujuan yang mendalam, ini dapat membantu menentukan apakah hubungan ini dapat berjalan dengan rencana kita sendiri," ungkap Jenkins.

Tentu saja, kita pasti juga ingin mempertimbangkan apakah pernikahan adalah impian pasangan atau tidak dan apakah itu sejalan dengan impian kita sendiri atau tidak.

Selain itu, usia mungkin juga menjadi pertimbangan di sini karena dua orang pada tahap yang berbeda dalam kehidupan mereka mungkin memiliki impian yang sangat berbeda untuk masa depan.

Penelitian menunjukkan, orang yang menikah antara usia 28-32 tahun paling kecil kemungkinannya untuk bercerai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com