Kompas.com - 14/12/2021, 08:12 WIB
Ilustrasi makanan anjing. PIXABAY/ALKHAINEIlustrasi makanan anjing.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Melihat anjing peliharaan tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan enggan menyentuh makanan yang berada di piring, sudah tentu membuat pemiliknya merasa khawatir.

Apakah anjing kesayangan saya sedang sakit? Atau ia baru saja mengalami sesuatu yang buruk? Kira-kira pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang ada di benak kita.

Menurut Carlo Siracusa, profesor perilaku dan kesejahteraan hewan klinis di School of Veterinary Medicine di University of Pennsylvania, anjing yang melewatkan makan sesekali tidak perlu dikhawatirkan.

Namun jika anjing tidak makan selama satu hari atau lebih dan menunjukkan tanda-tanda seperti masalah saluran pencernaan atau lesu, sudah saatnya kita membawa anjing ke dokter hewan.

Ryeon Kim, ahli hewan peliharaan dan pendiri Little Beast menjelaskan hilangnya nafsu makan pada anjing bisa disebabkan oleh kondisi yang berhubungan dengan kesehatan.

"Jika kita melihat anjing buang kotoran secara tidak teratur atau sedang makan rumput, disarankan untuk segera menemui dokter hewan," jelas Kim.

"Hilangnya nafsu makan juga bisa disebabkan masalah berbasis stres seperti kecemasan atau ketakutan akan perpisahan," sambung Siracusa.

Ada kondisi-kondisi tertentu yang dapat menyebabkan anjing stres. Hal ini dijelaskann Jessica Jane MacMurchy, koordinator adopsi di Animal Charity of Ohio.

"Kurang makan bisa menjadi tanda stres anjing, terutama saat kita baru mengadopsi hewan atau jika kita mengalami perubahan hidup yang signifikan," tutur MacMurchy.

Bila ini yang terjadi, cobalah untuk dekat dengan anjing selama hewan itu sedang makan. Kita dapat meletakkan mangkuk makanan di ruang yang tenang, di mana anjing merasa aman.

Untuk mengembalikan selera makan anjing, berikan satu sendok keju rendah lemak, yogurt, atau labu kalengan ke dalam makanan anjing.

Tawarkan mainan berisi makanan untuk merangsang dan membangkitkan nafsu makan hewan tersebut.

Atau, seperti saran yang dikatakan MacMurchy, masaklah daging ayam atau nasi putih yang dikukus agar anjing kembali bernafsu untuk makan.

Baca juga: Buah-buahan yang Boleh dan Baik Dikonsumsi Anjing

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.